Animo yang Tinggi, UPI Segera Buka Fakultas Kedokteran

Bandung, Beritainspiratif.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah mendapat persetujuan dari Majelis Wali Amanat (MWA) untuk membuka fakuktas baru yaitu Fakultas Kedokteran.

“Saya sudah menandatangani rekomendasi untuk pembukaan fakultas kedokteran UPI,” kata Ketua MWA UPI Agum Gumelar usai mengikuti prosesi Wisuda gelombang I tahun 2020, di gedung Gymnasium kampus UPI jalan Setiabudhi kota Bandung, Rabu (26/2/2020).

Wisuda diikuti 865 lulusan jenjang diploma, sarjana, magister dan doktor.

Menurut Agum Gumelar, animo untuk menjadi mahasiswa UPI terus meningkat, sedangkan kapasitas terbatas.

“Karena itu kami dari MWA mendorong UPI untuk terus mengembangkan prodi dan fakultas, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan,” ujarnya.

Menurut Rektor UPI Prof.Dr. HR Asep Kadarohman, sesuai dengan peraturan di UPI untuk membuka fakuktas baru harus mendapat persetujuan dari MWA.

“Hari ini kita sudah mendapat persetujuan dari MWA,dan akan kita tindak lanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi masih ada proses yang dilalui, untuk pembukaan fakultas kedokteran tersebut,” ujar Rektor.

“Selanjutnya kita akan mendaftarkan ke lembaga akreditasi mandiri kesehatan. Nah itu yang sedang kita proses. Sementara untuk sarana dan prasarana sudah kita siapkan sejak satu tahun lalu, sudah punya gedung untuk fakultas tersebut, kurikulum dan yang lainnya dalam proses,” lanjut Rektor.

Rektor menuturkan yang membedakan dengan fakultas Kedokteran dari Universitas lainnya, fakultas Kedokteran UPI lebih kepada fisical.

“Fakultas yang akan kita kembangkan ini diharapkan dapat mensupport para atlit, karena sekarang tidak cukup hanya dengan konvensional tapi perlu sentuhan teknologi dan kesehatan. Jadi kita berharap nanti bisa mendukung peningkatan atlit,” ucapnya.

Selain fakultas kedokteran, UPI juga merencanakan pembukaan program studi baru di kampus Bumi Siliwangi dan kampus-kampus daerah.

Di kampus Serang, UPI akan membuka prodi logistik kelautan, prodi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) di kampus Purwakarta, prodi Tehnik Komputer di kampus Cibiru, prodi pariwisata di kampus Sumedang, prodi Design Product Industri di kampus Tasikmalaya dan di kampus Bumi Siliwangi akan dibuka prodi Otomasi Industri dan Seni Musik Digital.

“Prodi Artificial Intelligence akan jadi challenge bagi kita untuk media belajar, sehingga kita adaptif terhadap perkembangan teknologi yang baru. Semua itu kita kemas untuk mendukung program pemerintah, kaitannya dalam penyiapan guru-guru SMK, karena guru SMK saat ini masih kurang,” imbuhnya.

(Ida)

Bagikan: