Anies Tinggal Bersama Kakek Sejak SMA Kini Beliau Pahlawan Nasional

Jakarta, Beritainspiratif.com – Salah satu gelar pahlawan nasional yang diberikan kepada 6 tokoh Indonesia yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/11/2018) adalah Abdurrahman (AR) Baswedan, kakek dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Proses ini mulai tahun 2012, alhamdulilah kita bersyukur bahwa pemerintah menganugerahkan itu dan ini amanat bagi kita semua untuk meneruskan perjuangan,” kata Anies.

Anies bersyukur, sejak kecil hingga SMA tinggal bersama sang kakek. Anies menyebut pengalaman tinggal bersama AR Baswedan sungguh luar biasa.

“Beliau adalah orang yang memang mencintai Indonesia luar biasa dalam semua pikirannya, langkahnya, tindakannya begitu,” lanjut dia.

Bahkan Anies bercerita, salah satu anak AR Baswedan ada yang diberi nama unik untuk menandakan Indonesia akan merdeka.

“Anaknya yang duduk di belakang ini namanya Imlati, itu lahir bulan Juli ketika beliau masih anggota BPUPKI. Imlati itu kepanjangan, Indonesia Merdeka Lekas Akan Tercapai Insyaallah,” ucap Anies.

AR Baswedan adalah seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, mubaligh, dan juga sastrawan Indonesia.

Lahir di Surabaya 9 September 1908 dan wafat pada 16 Maret 1986 di Jakarta. Tercatat, AR Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang dikutip dari laman wikipedia Indonesia.    (Yanis)

Bagikan: