Anies Baswedan, Anak Muda 'Kekinian' Harus Responsif Terhadap Permasalahan yang Ada



Yogyakarta, Beritainspiratif.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebutkan ada dua peran penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri kegiatan P2K atau Program Pengenalan Kampus kepada ribuan mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di GOR Amongraga UAD, Yogyakarta, Senin (27/8/2018).

Peran tersebut di antaranya peran kekinian dan peran masa depan. Anies pun menjelaskan, peran kekinian merupakan peran yang harus dilakukan mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dalam masyarakat. Sebab, mahasiswa akan selalu terlibat dengan masyarakat karena mereka merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri.

"Mereka bagian dari anak muda dan bagian dari bermasyarakat, responsif terhadap masalah-masalah yang ada. Dari mulai masalah sosial sampai dengan masalah perekonomian, politik kriminal. Tidak hanya diam, tapi juga responsif," kata Anies dikutip Republika.

Sementara itu, untuk peran masa depan mahasiswa harus dapat mengembangkan potensinya dengan lebih baik. Sehingga, nantinya mahasiswa baru tersebut dapat berperan lebih besar dan berguna bagi bangsa. "Dua hal ini (peran kekinian dan peran masa depan) harus dimainkan," katanya.

Sebelumnya, 4.320 mahasiswa baru yang mengikuti Program Pengenalan Kampus (P2K) di GOR Amongraga Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, Senin (27/8/2018). Kegiatan tersebut merupakan tahap pertama, yang nantinya juga akan digelar tahap kedua pada September 2018 yang diikuti oleh 2.725 mahasiswa baru.

"Masih 2.500-an lagi yang akan kita periode kedua pada September nanti. Total 7045 mahasiswa (yang diterima tahun ini)," kata Wakil Rektor III UAD Abdul Fadlil, di sela-sela kegiatan P2K.

(Kaka)

Berita Terkait