Angkutan Lebaran 2019, Tiket Kereta Api Bisa Dipesan Mulai 25 Februari 2019



Bandung, Beritainspiratif.com - Berdasarkan kalender nasional, hari raya Idul Fitri tahun 2019 akan jatuh pada tanggal 5-6 Juni 2019.

Dengan sistem penjualan H-90 (90 hari sebelum keberangkatan), maka penjualan tiket kereta api Lebaran akan dimulai tanggal 25 Februari 2019 pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan tanggal 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran).

Pemesanan dapat dilakukan di website kai.id dan KAI Access mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan untuk pemesanan di channel eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada haru Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) sedangkan puncak arus balik pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3).

"Bila memperhatikan hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, puncak arus mudik akan terjadi pada H-7 sedang puncak arus balik pada H+3," kata Joni.

Menurut Joni selama masa angkutan Lebaran 2019, PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung mengoperasikan 87 KA Reguler dan 4 KA Tambahan sehingga totalnya sebanyak 91 KA. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 6% dari tahun sebelumnya 86 KA.

"Setiap harinya, Daop 2 menyediakan 70.278 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal atau mengalami kenaikan 2 % dari tahun sebelumnya yaitu 68.722 tempat duduk," ujarnya.

"Kami juga akan mengoperasikan empat KA tambahan Lebararan 2019," ucap Joni.

Keempat KA tambahan tersebut terdiri atas KA
Lodaya Pagi Lebaran relasi Bandung - Yogyakarta - Solo Balapan, Lodaya Malam Lebaran relasi Bandung - Yogyakarta - Solo Balapan serta KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng dan KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kiaracondong - Kutoarjo

Ia mebambahkan, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah melakukan tuning dan optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa.
Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket dapat berjalan lancar.

Mengutip amanat Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, ia mengajak masyarakat untuk merencanakan perjalanan sejak jauh-jauh hari agar mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019.

Demikian pula bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar, agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak maka tiket yang ia pesan akan terjual kembali.

"Kami menghimbau masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar," kata Edi Sukmoro. (Ida)

Berita Terkait