Angkutan Lebaran 2019, Kemenhub Bersama KAI Kembali Siapkan Angkutan Motor Gratis



Bandung,Beritainspiratif.com - Untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya serta mengurangi kepadatan pada saat Angkutan Lebaran 2019, Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menyiapkan Angkutan Motor Gratis (Motis).

Kegiatan ini diselenggarakan mulai 27 Mei - 2 Juni 2019 untuk arus mudik , dan mulai 8 -13 Juni 2019 untuk arus balik.

Total kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya sebanyak 1.392 motor atau total 18.096 selama 13 hari pelaksanaan. Terdapat 3 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2019 ini yaitu:

  1. Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Surabaya Pasarturi.
    Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi
  2. Lintas Selatan 1 : Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun -Kutoarjo
    Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo.
  3. Lintas Selatan 2: Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Surabaya Pasarturi. Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Pasarturi

Untuk mengikuti program ini, masyarakat diwajibkan mendaftar melalui online atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Depok Baru, dan Tangerang.

Adapun detail pendaftaran program Motis ini adalah sbb:

1.Pendaftaran Online
Pendaftaran Angkutan Motis dilakukan pada 12 Maret - 25 Mei 2019 di situs mudikgratis.dephub.go.id

2.Pendaftaran di Stasiun

a.Pendaftaran Angkutan Motis disertai Pembelian Tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO (selama kuota masih tersedia) dilakukan pada 12 Maret-13 Mei 2019.

b.Pendaftaran Angkutan Motis dilakukan pada 14-25 Mei 2019.

c.Pendaftaran Angkutan Motis untuk contra flow/daerah dilakukan di stasiun-stasiun persinggahan KA Motis pada 28 April-12 Juni 2019.

Untuk syarat dan ketentuan terkait pendaftaran Angkutan Motis ini selengkapnya dapat dibuka pada situs mudikgratis.dephub.go.id atau menghubungi Contact Center Kemenhub di 151.

KAI menyediakan total 58.088 tempat duduk bagi para pendaftar Angkutan Motis, yang terbagi atas arus mudik 32.436 dan arus balik 25.652.

Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis, tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. Adapun KA Penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis adalah:

No Nama KA Relasi (PP)

  1. Matarmaja Pasar Senen - Malang
  2. Brantas Pasar Senen - Blitar
  3. Kertajaya Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi
  4. Kahuripan Kiaracondong - Blitar
  5. Bengawan Pasar Senen - Purwosari
  6. Kutojaya Utara Pasar Senen - Kutoarjo
  7. Tawang Jaya Pasar Senen - Semarang Poncol
  8. Kutojaya Selatan Kiaracondong - Kutoarjo
  9. Serayu Pasar Senen - Purwokerto
  10. Pasundan Kiaracondong - Surabaya Gubeng
  11. Gaya Baru Malam Selatan Pasar Senen - Surabaya Gubeng
  12. Progo Pasar Senen - Lempuyangan
  13. Kutojaya Utara Tambahan Pasar Senen - Kutoarjo
  14. Matarmaja Lebaran Pasar Senen - Malang
  15. Pasundan Lebaran Kiaracondong - Surabaya Gubeng
  16. Kertajaya Lebaran Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi
  17. Gajahwong Pasar Senen - Lempuyangan
  18. Singasari Pasar Senen - Blitar
  19. Majapahit Pasar Senen - Malang
  20. Jayabaya Pasar Senen - Jember
  21. Logawa Purwokerto - Jember

“KAI mendukung penuh program pemerintah untuk Angkutan Motor Gratis ini,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Menurut Edi, dengan menggunakan moda transportasi kereta api, keselamatan para pemudik akan meningkat. “KAI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2019 ini,” tutur Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus menambahkan bahwa khusus untuk Angkutan Motis dengan fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan Ekonomi Komersial di Daop 2, disediakan 8.480 tempat duduk yang terdiri dari 4.240 tempat duduk pada arus mudik dan 4.240 tempat duduk pada arus balik.

Menurut Joni, ada empat kereta keberangkatan Daop 2 yang menyediakan tempat duduk untuk pendaftar Motis yaitu KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, KA Pasundan, dan KA Pasundan Lebaran. “Artinya bahwa PT KAI memfasilitasi masyarakat yang menggunakan layanan motis sekaligus dengan tempat duduk di kereta apinya, selama kuota masih ada yaitu untuk pendaftar mulai 12 Maret sampai dengan 13 Mei 2019," ujarnya.

"Setelah tanggal itu, hanya difasilitasi angkutan motornya saja” ungkap Joni.

Sampai hari ini (13/03/2019) sudah tercatat 130 pendaftar di Stasiun Kiaracondong dan 120 pendaftar di Stasiun Cimahi. Kapasitas Angkutan KA Motis untuk Lintas Selatan 1 adalah 464 motor perharinya.

(Ida)

Berita Terkait