Angkutan Lebaran 2019, Jumlah Penumpang Bus AKDP & AKAP Dari Kota Bandung Diprediksi Naik 5 Persen



Bandung,Beritainspiratif.com - Enam hari menjelang hari raya Idul Fitri 5 Mei 2019, jumlah penumpang dari terminal Cicaheum dan Leuwipanjang Bandung, terpantau masih normal.

Diperkirakan, penumpang dari kedua terminal utama tersebut, mengalami kenaikan pada Sabtu (1/6), bersamaan dengan cuti bersama PNS usai paginya mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan kota Bandung E.M Ricky Gustiadi, peningkatan tertinggi jumlah penumpang pada masa mudik diprediksi akan terjadi dua hari pada 1 dan 2 Juni sedang arus balik pada 9 -10 Juni 2019.

"Kami memprediksi jumlah penumpang bus dari kedua terminal utama pada lebaran tahun ini, naik 5 persen," ujar Ricky di Bandung, Rabu (29/5/2019).

Ricky mengatakan, prediksi kenaikan itu dikarenakan masalah mahalnya harga tiket pesawat dan habisnya tiket kereta api, sehingga angkutan darat menjadi pilihan terutama bagi yang akan mudik ke kota-kota diluar Jawa Barat.

Guna mengantisipasi kenaikan itu, 844 unit bus disiapkan untuk melayani masyarakat pengguna angkutan umum, masing-masing 641 unit armada di terminal Leuwipanjang dan 203 unit di terminal Cicaheum.

"Selain 844 armada tersebut, kami juga siapkan 15 bus cadangan dan 20 bus bantuan dari Damri. Bus cadangan ini akan dijalankan, bila terjadi penumpukan calon penumpang diterminal akibat bus reguler terlambat tiba karena terjebak macet dalam perjalanan," tutur dia.

Sementara untuk mengantisipasi kemacetan di dalam kota Bandung, dijelaskan Ricky, pihaknya memasang rambu pendahulu petunjuk jalan (RPPJ), marka dan traffic cone di titik - titik rawan kemacetan seperti pusat perbelanjaan dan wisata.

"Kami sudah petakan ada 17 titik kemacetan, mulai dari jalan Soekarno Hatta, Setiabudhi, Kopo, Cihampelas, Ahmad Yani, Buahbatu, alun-alun dan jalan Ir.H.Juanda. Sebanyak 451 personil disiagakan pada daerah rawan macet dan terminal," imbuhnya.

Ia menambahkan, selain menyiapkan armada untuk penumpang umum, Dishub kota Bandung tahun ini juga menyediakan mudik gratis bagi warga kota dengan tujuan Solo dan Yogyakarta.

"Tahun ini disediakan 3 unit bus tujuan Solo via jalur utara dan 2 unit bus tujuan Yogyakarta via jalur selatan, akan diberangkatkan besok (31/5)," pungkas Ricky.

[Ida]

Berita Terkait