Anggota Wanadri Saleh Sudrajat, Ceritakan ‘Penjelajahan Langit Nusantara’ dalam Buku

Bandung, Beritainspiratif.com – Organisasi pegiat alam bebas, Wanadri meluncurkan buku ekspedisi berjudul ‘Menggapai Angkasa Nusantara’ di Aula Barat Gedung Sate, Sabtu (29/9/2018).

Buku yang ditulis Dyan Nuranindya bersama Tim Wanadri tersebut, menceritakan kisah nyata salah satu anggota Wanadri, Saleh Sudrajat yang melakukan penerbangan solo dari Sabang sampai Merauke menggunakan pesawat gantole bermesin atau yang dikenal Trike.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan video proses pembuatan buku tersebut.

Operasi penerbangan ini selesai pada 2008, sepuluh tahun kemudian buku tersebut berhasil dicetak.

Kala itu, Saleh yang mengikuti diklat Wanadri pada 1971 berangan-angan bisa memantau lokasi bencana dari udara, agar data yang diperoleh bisa lebih akurat.

Atas dasar itulah, akhirnya Saleh yakin untuk melakukan penerbangan Sabang-Merauke menggunakan trike.

Awalnya, banyak diantara teman-teman saleh yang khawatir, namun karena keyakinan tekad, akhirnya Saleh melakukan penerbangan.

Tak hanya itu, pada saat operasi penerbangan dilakukan, suplai bahan bakar menjadi kendala, trike yang digunakan Saleh berbahan bakar khusus, pertamax plus, yang kala itu hanya ada di Pulau Jawa, sehingga bahan bakar harus diantar melalui jalur darat, hingga ke barat dan timur Indonesia.

Kini, meski Saleh tak lagi muda namun semangatnya bisa terus tersalurkan pada anak-anak muda melalui bukunya.    (Yanis)

Bagikan: