Anggota DPRD Jabar Anwar Yasin, Nelayan Butuh Bantuan Kapal Besar

Bandung, beritainspiratif.com – Nelayan Kabupaten Indramayu, memberikan kontribusi paling besar terhadap produksi ikan Jawa Barat.

“Satu kali berangkat, nelayan Indramayu dan Jawa bisa membawa hasil tangkapan sekitar 200 ton ikan senilai Rp4 milyar,” kata H. Anwar Yasin anggota komisi II DPRD Jawa Barat kepada Beritainspiratif.com di Bandung, Senin (12/11/2018).

Menurut Anwar Yasin, nelayan dari Indramayu pemberani dalam mengarungi lautan. Mereka melaut hingga ke Irian. Namun jumlah kapalnya masih sedikit, baru 300 unit. Sementara di perairan laut Irian, terdapat sekitar 3 ribu kapal asing yang mencuri ikan.

“Kapal-kapal asing itu kan oleh ibu Susi (Menteri Kelautan RI) diusir. Harapannya diisi oleh nelayan Indramayu,’ ujarnya.

Untuk mendapatkan hasil tangkapan yang lebih banyak, kata Anwar nelayan membutuhkan kapal besar.

Biaya yang diperlukan dalam pengadaan kapal berbobot GT 200, sekitar Rp7 milyar termasuk perangkap dan peralatan lainnya.

Anwar wakil rakyat dari Dapil Indramayu dan Cirebon ini mengharapkan, kebutuhan kapal besar tersebut menjadi perhatian pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Nelayan membutuhkan bantuan dari pemprov Jawa Barat, agar hasil tangkapannya lebih besar dan nelayan bisa lebih sejahtera,” pungkasnya.     (Ida)

Bagikan: