AMSI Penyambung Lidah Antara Media Daerah, Dewan Pers, dan Pemangku Kebijakan



Jakarta, Beritainspiratif.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, membuka rapat kerja nasional Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Perpustakaan Nasional, Jakarta pada Jumat, (1/3/2019).

Menkominfo Rudiantara mengingatkan pentingnya kualitas sumber daya manusia di industri media.

" Betul kita adalah pemilik pers, cetak, siber. Tapi suka tidak suka sumber manusianya siapa? Jurnalis, reporter, wartawan, redaksinya newsroom (ruang redaksi) itu yang core dari pada bisnis atau industri ini," kata Rudiantara, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 1 Maret 2019.

Baca Juga:Menkominfo-minta-amsi-tingkatkan-kualitas-jurnalis

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, mengatakan, rakernas akan fokus pada penyusunan agenda bisnis media digital sepanjang setahun mendatang. " Raker hingga besok itu lebih ke arah menyusun program supaya keanggotaan kita memahami DNA bisnis media online," ucap Wens.

Wens memberi gambaran perubahan media saat ini. Dari sisi konten, kata dia, begitu banyak medium yang memberikan pesan. " Bukan hanya kita yang menyampaikan berita kepada publik tapi begitu banyak juga tempat, begitu banyak orang menulis berita. Itu dari sisi konten," kata dia.

Dari sisi bisnis, Wens menyebut pola pendekatan merek perusahaan sudah berubah. Merk ternama tak lagi melibatkan media untuk mengenalkan diri ke masyarakat.

" Kalau dulu orang mungkin harus iklan di tv, iklan di koran untuk menyampaikan ke khalayak ramai. Hari ini banyak brand ketemu dengan konsumennya," ujar dia.

Rakersnas ini dihadiri anggota asosiasi media siber di seluruh Indonesia. Para pemilik media juga akan diberi ruang untuk berkomunikasi dengan pengusaha start up guna pengembangan bisnis.

"AMSI dalam beberapa program lebih fokus soal monetisasi perusahaan. AMSI pusat akan membantu mejadi penyambung lidah antara media daerah, Dewan Pers, dan pemangku kebijakan selevel kementerian," kata Wens.

(Yanis)

Berita Terkait