Jakarta, Beritainspiratif.com -  Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)  adalah lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah perbankan di Indonesia. Badan ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor 24 tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan yang ditetapkan pada 22 September 2004.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjuk  Lana Soelistianingsih  menjadi Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggantikan Fauzi Ichsan, kepala sebelumnya yang telah berakhir masa jabatannya.

Penunjukkan Lana berdasarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisioner LPS, dan memberhentikan dengan hormat Fauzi Ichsan, seperti dilansir laman resmi LPS.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam seremonial penyerahan Keppres, berharap Lana dapat meningkatkan kolaborasi dengan instansi lain dalam mewaspadai tantangan ekonomi, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Lana sebagai Anggota Dewan Komisioner LPS, sekaligus Kepala Eksekutif, diharapkan dapat menjalankan fungsi penjaminan dan resolusi secara efektif, serta meningkatkan pencapaian kinerja LPS yang semakin baik dan berkelanjutan di masa datang," katanya.

Ia juga berharap Lana dapat memberikan kontribusi agar LPS menjadi lembaga yang kredibel dan semakin berkontribusi terhadap stabilitas sistem keuangan Indonesia.

Profil Lana

Lana merupakan ekonom. Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Pada 1995, ia meraih gelar Master of Economic Development dari Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

Kemudian, pada 2003, Lana Soelistianingsih meraih gelar Doktor di bidang Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Ia merintis karir di PT Samuel Sekuritas Indonesia sejak September 1996. Pada 2003, ia menjabat sebagai asisten peneliti untuk Boston Institute of Economic Development (BIDE) di Lexington. Sejak 1 Oktober 2013, Lana bergabung sebagai Kepala Riset dan Ekonom di PT Samuel Aset Manajemen (SAM).

Susunan Anggota Dewan Komisioner LPS:

Anggota merangkap Ketua: Halim Alamsyah

Anggota merangkap Kepala Eksekutif: Lana Soelistianingsih

Anggota non ex-officio: Didik Madiyono

Anggota (ex-officio Kemenkeu): Luky Alfirman

Anggota (ex-officio Bank Indonesia): Erwin Rijanto

(*)