Bandung, Beritainspiratif.com - Mudik adalah tradisi yang dilakukan masyarakat terutama di pulau Jawa, menjelang raya Idul Fitri.

Perjalanan panjang dan lalulintas yang padat, cukup melelahkan untuk sampai ke kampung halaman. Tapi suasana hati para pemudik tetap gembira, karena akan berkumpul bersama keluarga besar.

Bagaimana agar tetap bugar saat mudik lebaran ? Berikut tips dr. Ellyana Sungkar, dokter spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi RS Hasan Sadikin.

  1. Siapkan fisik secara prima, cukup istirahat, minimal tidur 6 jam sebelum berangkat. Jangan kurang tidur kemudian berangkat, apalagi mengemudi.
  2. Berdo'a sebelum berangkat.
  3. Jangan lupa membawa obat-obatan yang harus rutin diminum seperti obat gula darah, hipertensi dll.
  4. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Kalau naik motor, gunakan jaket.
  5. Konsumsi makanan/ minuman yang baik. Banyak makan sayur. Kalau beli makanan di punggir jalan saat dalam perjalanan, perhatikan apakan bersih atau tidak. Perjalanan masih jauh, jangan sampai diare.
  6. Siapkan bekal yang tahan lama selama perjalanan serta minuman manis dan hangat. Jangan dingin, agar tidak kembung dan masuk angin.
  7. Jangan menerima makanan/ minuman dari orang yang tidak dikenal.
  8. Jangan menahan buang air kecil, karena akan menjadi penyakit.
  9. Gunakan sun block, sarung tangan atau pelindung sinar matahari.
  10. Gunakan masker atau pelindung mulut dan cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, karena polusi dalam perjalanan cukup tinggi.
  11. Bila lelah, manfaatkan posko kesehatan yang ada.
  12. Setelah duduk minimal satu jam, lakukan peregangan, mulai dari tangan, badan sampai kaki. [Ida]