Cirebon,Beritainspiratif.com - Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, yang ditetapkan sebagai kampung wirausaha oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon pada tahun 2017 silam, kini terus berbenah.

Dengan koordinasi lintas sektoral, Pemdes Astana dalam waktu dekat akan memfasilitasi program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Program PTSL yang akan dilaksanakan ini diperuntukan bagi pelaku usaha kecil menengah yang ada di desa Astana dan desa penunjang yakni Desa Jatimerta.

Kuwu (kepala desa.red) Astana, Nuril Anwar, mengatakan, program PTSL ini adalah program nasional melalui BPN dan juga Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon.

"Alhamdulilah, kami mendapatkan program PTSL dari pemerintah, program ini diperuntukan untuk 50 bidang tanah dan penerima program ini untuk pelaku UMKM," ujar Nuril Anwar, Kamis (14/2/2019).

Di Desa Astana, menurut Nuril, terdapat ratusan pelaku UMKM dengan program unggulan kuliner khas Cirebon, kerupuk kulit, emping melinjo dan intip (kerak nasi.red) dan banyak juga pengrajin tasbeh.

"Ini baru sosialisasi, setelah itu nanti dibentuk satgas PTSL yang akan bekerja melakukan pemberkasan terhadap bidang tanah yang akan di sertifikat," katanya.

Nuril berharap, dengan adanya program PTSL ini, warga khususnya pelaku UMKM dapat bekerja sehingga tidak lagi mempermasalahkan tanah yang belum tersertifikatkan dan pada akhirnya nanti dapat mensejahterakan masyarakat.

(Dekur)