Bandung, Beritainspiratif.com - Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat menilai, perkembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kabupaten Tasikmalaya cukup baik.

Aggota komisi V DPRD Jawa Barat KH Habib Syarief Muhamad menuturkan,
dari hasil kunjungan kerja ke SMK plus di Suryalaya kabupaten Tasikmalaya pekan lalu, komisi V mencatat banyak masukan.

Menurut Habib, perkembangan SMK di Kabupaten Tasikmakaya cukup baik, walau ada beberapa kendala yang dihadapi seperti laboratorium, gedung, alat praktikum dan lain-lain

Hal ini, tentunya menjadi tantangan dan tanggung jawab dewan kedepannya, untuk mendukung dari sektor anggaran.

"Kami yakin tidak semuanya dapat terealisasi dengan maksimal, tetapi paling tidak ada yang menjadi prioritas dalam pengembangan setiap SMK di daerah," katanya.

Menurut Dia, SMK yang ada di daerah ini cukup mandiri, artinya tidak hanya sekedar mengandalkan bantuan pusat saja tetapi mereka juga melakukan berbagai inovasi.

Ia menambahkan, SMK plus di Kabupaten Tasikmalaya ini dapat mendukung program Sekolah Jabar Juara (Sejajar) yang diluncurkan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

"Kami optimitis SMK di Jabar bisa mewujudkan program Sejajar. Ini ditinjau dari kemandirian dan inovasi yang dikembangkan dari sekolah kejuruan tersebut," kata Habib

Ia juga menyampaikan dukungannya terhadap program Teaching Factory. Pogram ini menjembatani antara sekolah dengan dunia industri atau usaha, yang memiliki kesamaan bidang keterampilan.

Melalui program tersebut, SMK mendidik siswa agar mampu memproduksi barang ataupun jasa layaknya perusahaan.

"Teaching factory ini menjadi salah satu syarat yang cukup menentukan. Kami akan terus mengawal, sampai sejauh mana anggaran untuk bidang pendidikan bisa diserap oleh beberapa SMK khususnya di daerah," katanya.

Dirinya berharap bahwa semua SMK yang ada di Jawa Barat, dapat menjalankan program pemerintah dalam bidang pendidikan, yakni mencapai target Sekolah Jabar Juara.

(Ida)