Bogor, Beritainspiratif.com – Pria asal Bandung, Hikam Abdul Manan (19) sudah tiga tahun berjualan tahu. Dia tak lazim seperti pedagang tahu lainnya, karena pria ini dengan memakai jas lengkap dan dasi serta kemeja berjualan tahu keliling di kawasan Jembatan Hitam, Cijujung, Sukaraja, Bogor.

Banyak ibu-ibu yang tertarik untuk membeli tahu buatan Hikam, dan meminta foto bersama karena mengenakan pakaian necis ini.

Sekilas dilihat seperti pegawai kantoran, bukan seperti pedagang tahu, akan tetapi dengan penampilan rapi ini banyak pembeli yang menilai positif, dan menarik minat pembeli.

Hikam menyampaikan bahwa dengan pakai kemeja, akan tampak dan tampil beda, dan akan menarik minat pembeli. Tadinya nggak beli, jadi pada beli. Mereka lihat saya masih muda tapi mau usaha, yang dikutip dari akun facebook Hikam Abdul Manan, Senin (15/10/2018).

Hikam mengaku tidak malu berjualan tahu. Menurutnya lebih baik bekerja apa saja asal halal dan jujur, tidak merugikan orang lain.

"Itu banyak yang komen, katanya enggak apa-apa jualan tahu pakai dasi yang penting nggak korupsi. Jadi saya tulis (status) di Facebook itu 'Tukang Tahu berdasi Anti Korupsi', memang kan kejujuran nomor satu," katanya.

"Produk tahu saya diberi nama 'Tahu Enjoy' itu mereknya," ucap pemuda lajang ini.

Omzet Tahu Enjoy bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per hari. Uang hasil jualannya itu ditabung dan digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

"Sebulan saya dapat sekitar Rp 30 juta lebih, itu pendapatan kotor, Alhamdulillah sudah enggak minta sama orang tua, sekarang udah bisa ngasih sedikit-sedikit," ucap Hikam CEO “Tahu Enjoy," ujarnya.     (Yanis)