Jakarta, Beritainspiratif.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, menjelang Pemilu 2019 Direktorat Aplikasi Informatika (Aptika) akan mengumpulkan kompilasi berita-berita hoaks secara berkala di portal resmi Kominfo.

Lebih lanjut dikatakan bahwa setiap minggu akan dikeluarkan berita-berita hoaks agar masyarakat bisa memaknai dan mampu memilah berita, Ujar Rudiantara di Kantor Kominfo, Rabu (26/9) seperti dilansir di laman Kemeninfo.

Berita-berita hoaks merupakan salah satu tugas Kominfo untuk menginformasikan agar masyarakat tidak mempercayai berita tersebut dan akan menginformasikan fakta yang sebenarnya agar tidak terkesan menuduh, kita akan terapkan kebijakan ini secepatnya, ujarnya.

Lebih lanjut jika Pilpres sudah dekat, maka Kominfo bisa setiap hari memperbarui berita-berita hoaks tersebut.

"Saat ini masih seminggu sekali, mungkin nantinya bisa sehari sekali dikasih tahu ke publik mana berita hoaks. Nanti frekuensi akan semakin sering" tuturnya.

Kominfo memiliki kapabilitas untuk bisa mencari berita hoaks dengan cepat. Dari segi SDM dan keberadaan mesin AIS, Rudiantara mengklaim memadai untuk mengumumkan berita hoaks dengan cepat.

Rudiantara berharap bisa memperbarui berita hoaks dengan cepat agar tidak memberikan dampak bagi masyarakat secara luas.

Kominfo saat ini memiliki tim pengendali konten sebanyak 70 orang yang bekerja bergantian selama 24 jam dalam tujuh hari, tutupnya.     (Yanis)