Amankan Pemilu Polres Cirebon Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2019



Cirebon,Beritainspiratif.com - Menghadapi Pemilu 2019, pihak kepolisian dari Polres Cirebon menggelar apel persiapan pengamanan Pemilu.

Dalam gelar apel pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2019 melibatkan semua komponen dilaksakanan di Stadion Ranggajati, Sumber, Jum'at (22/3/2019).

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto mengatakan, apel kesiapan keamaman ini melibatkan unsur TNI, penyelenggara Pemilu, Bawaslu dan DKPP serta tokoh , masyarakat, tokoh agama dan pemuda.

"Pemilu serentak tahun 2019 merupakan tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak, antar Pileg dan Pilpres dilaksanakan dalam waktu bersamaan," tuturnya usai memimpin apel pasukan.

Oleh karena itu, Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional. Apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokrasi dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya.

"Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Bukan saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara pemilu yakni KPU Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan," ucapnya.

Tidak ketinggalan, lanjut Suhermanto, fungsi dan peran TNI/Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara Pemilu, akan tetapi sangat menentukan suksesnya keberlangsungan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Kita ketahui bersama bahwa terkait pelanggaran Pemilu serentak tahun 2019 masih terdapat ancaman gangguan hambatan dan tantangan yang dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyelenggaraan. Oleh karena itu saya mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama menjaga keamanan," lanjutnya.

Pihaknya mengaku akan melakukan tindakan tegas dan terukur sesuai aturan hukum. Tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu serentak tahun 2019.

(Dekur)

Berita Terkait