Alm. Ruddy Gandakusumah, “Sosok Yang Teguh dan Dekat dengan Siapapun”



Bandung, Beritainspiratif.com - Innalillahi wa inna illaihi rooji'un, Almarhum R. Ruddy Gandakusumah, SH, MH, Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat yang meninggal pada hari ini pukul 07.30 wib di RS Booromeus Bandung, dimakamkan di TPU Gumuruh Buah Batu Bandung, Sabtu (20/10/2018) setelah di shalatkan di Masjid Jami AR Risalah.

Berdasarkan pantauan beritainspiratif.com di rumah duka Jalan Terusan Logam No.9 Buah Bantu Bandung pukul 10.15 wib ratusan pelayat dan warga sudah berada di lokasi rumah duka, terlihat juga beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Jabar termasuk Sekda Pemprov Jabar Iwa Karniwa Tampak hadir di lokasi.

Puluhan karangan bunga pun datang silih berganti dan tampak berada di depan rumah duka yang dijajarkan halaman jalan raya, Antara lain dari “Danmenwa Mahawarman dan Staf”, “Keluarga Besar DPM Desa Prov.Jabar”, “Kabinda Jabar”, “Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung”, “Keluarga Besar Kominda Jabar”, Dr H. Danny Setiawan MSi.”, “Keluarga Besar FPK Provinsi Jabar” dan puluhan karangan bunga lainnya.

Dilokasi rumah duka yang penuh dengan para pelayat pun, memaksa pelayat menunggu berjajar dipinggir jalan dan warung-warung depan lokasi rumah duka. Sehingga arus lalu lintas cukup padat disekitar lokasi tersebut.

Menjelang Adzan Sholat Dhuhur jenasah diberangkat ke Masjid Ar Risalah yang berlokasi dekat jauh jaub rumah almarhum,  untuk dishalatkan dan diikuti ratusan jamaah, dengan diantarkan menggunakan mobil jenazah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tampak hadir ibunda almarhum yang menggunakan kursi roda dan istri almarhum yang baru memiliki buah hati.

Usai disholatkan jenazah langsung diberangkatkan ke TPU Gumuruh Buah Batu Bandung, dengan diantar ratusan pelayat dengan iring-iringan kendaraan dan sepeda motor dan Brigez, yang turut mengatur jalan disetiap persimpangan jalan atau lampu merah.

Dari obrolan dengan beberapa orang dan tetangga yang tidak mau disebutkan namanya, almarhum adalah sosok yang jujur dan teguh dalam memegang amanah, dan almarhum menderita sakit leukimia dan di rawat RS Booromeus hingga akhir hayatnya.

Beberapa pantauan di postingan facebook, Sabtu, (20/10/2018) tampak beberapa rekan menyampaikan dukanya, antara lain;

Ugie Prasetyo : “Perkenalan dengan Almarhum sudah terjalin sejak saya masih di wartawan Bandung saat masih bertugas di Pengadilan Negeri Bandung. Saat itu beliau masih bertugas di Biro Hukum yang kerjaannya mengatasi masalah hukum yang mendera Pemprov Jawa Barat”

“In Syaa Allah beliau orang yang soleh hal ini terlihat dari ratusan orang yang melayat kekediamannya bahkan mengantara ke TPU Gumuruh. Hal ini membuktikan bahwa beliau sangat dekat dengan siapa pun”

M. Alfi : “In Memoriam Pak @ruddygandakusumah saat menjadi Pj Wali Kota Bekasi 10 Bulan lalu” yang memposting beberapa foto ketika pelantikan Plt.Walikota Bekasi.

Benny Ahmad Benyamin : “Innalillaahi wa innailaihi rooji'uun..telah meninggal dunia Bapak Ruddy Gandakusumah, SH, MH, Alumni SMAN 1 Cianjur angk. '82. Alumni HIMAT” Semoga Alm diampuni Dosa nya, dilapangkan dan mendapat tempat terbaik di Sisi Allah SWT,,Aamiin YRA”.      (Yanis)

Berita Terkait