Alat Penangkap Ikan (Bubu) Raksasa Catat Rekor MURI



Malinau, Beritainspiratif.com – Dilansir dari laman Rekor MURI, Sabtu (27/10/2018) Bubu merupakan salah satu alat tangkap ikan tradisional. Cara menangkap ikan yang masuk ke dalam sebuah bejana yang di dalamnya sudah diberi umpan sebagai daya tarik terhadap ikan, hingga sulit untuk keluar lagi karena terperangkap di dalamnya.

Bubu lazimnya dibuat dari anyaman bambu yang dibentuk silindris memanjang sekitar 1 meter dengan mulut bubu yang mengecil ke arah dalam seperti corong serta pintu di belakang yang berfungsi untuk mengambil hasil tangkapan di wilayah perairan dangkal air tawar seperti sungai, waduk, dan rawa.

Tak hanya dibuat dari anyaman bambu, saat ini bubu juga dibuat dari bahan lain seperti rotan, plastik, kawat ataupun besi.

Penangkapan ikan dengan teknologi memerangkap dengan bubu merupakan cara yang ramah lingkungan, karena tidak merusak habitat serta memiliki tingkat selektivitas yang tinggi atas target tangkapan berupa ikan, udang, kepiting serta kerang, sehingga bisa mempertahankan keanekaragaman hayati.

Pada Festival Budaya Irau Malinau, Lembaga Adat Dayak Tahol tampilkan bubu raksasa dengan ukuran panjang 10 meter, diameter pangkal 2,25 meter, diameter tengah 195 cm, dan diameter ujung 68 cm.

Atas penampilan bubu raksasa tersebut telah dicatat dalam Rekor MURI dengan Nomor 8703, dengan Rekoris Lembaga Adat Dayak Tahol, yang dilaksanakan di Malinau, Jum’at, (26/10/2018).

Yanis

Berita Terkait