Alasan Pemerintah Pilih Kaltim Jadi Ibu Kota Baru



Jakarta, Beritainspiratif.com - Pemerintah telah memutuskan ibu kota baru negara akan dipindahkan ke Provinsi Kalimantan Timur. Lokasi ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Presiden Jokowi sast mengumumkan ibu kota baru di Istana Negara, Senin (26/8) menyebutkan beberapa alasan pemerintah memilih dua kabupaten di Kalimantan Timur itu sebagai lokasi ibu kota baru.

Kepala Negara menyebutkan dua kabupaten tersebut memiliki resiko bencana yang paling kecil. "Dua kabupaten itu dipilih karena memiliki risiko bencana yang paling kecil. "Baik bencana banjir, gempa bumi tsunami, kebakaran hutan, dan gunung berapi," ujar Jokowi.

Selain itu Kaltim dipilih karena lokasi geografinya berada di tengah kepulauan Indonesia. "Provinsi Kalimantan Timur dekat wilayah kota yang berkembang, Balikpapan dan Samarinda," katanya.

Dalam menyampaikan lokasi ibu kota baru, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. (Yones)

Berita Terkait