Aksi Heroik Kepala Desa Selamatkan Warganya yang Terjebak Banjir Bandang di Sungai

Beritainspiratif.com – Satu akun Facebook bernama ‘Prapto Prapto’ telah  membagikan sebuah video yang memperlihatkan seorang pria berada di tengah derasnya arus sungai, disertai keterangan tulisan: 

“Aksi heroik seorang kepala desa Gading wetan probolinggo Bpk SUPRIYONO dalam menyelamatkan warganya dalam derasnya arus sungai”.

Video yang telah dibagikan pada hari Sabtu (11/1/2020),  hingga hari ini, Senin (13/1/2020) pukul 06.00 WIB, video tersebut sudah dilihat dan di-like 2.6 ribu, dengan 120 komentar positif serta dibagikan ulang sebanyak 959 kali, dan jumlah ini akan terus bergerak.

Berikut video viral Kepala Desa Gading Wetan, Probolinggo Selamatkan Warganya yang Terjebak Banjir.

Video tersebut telah dikonfirmasi Antara langsung kepada Kepala Desa Gading Wetan, Probolinggo, Jawa Timur, Supriyono.

Supriyono membenarkan bahwa pria yang terekam tengah menyelamatkan seorang warga tersebut adalah dirinya, dan peristiwa itu terjadi pada April 2019.

“Itu benar saya. Tapi kejadiannya sudah satu tahun yang lalu,” kata Supriyono saat dihubungi, Minggu (12/1/2020) kutip antara.

Supriyono, mengungkapkan, ia melakukan hal tersebut karena inisiatif sendiri.

Saat itu, kata dia, ada seorang pria bernama Sundari yang berumur 50 tahun, tengah mencari rumput di tengah-tengah aliran sungai.

“Lalu datang banjir bandang secara tiba-tiba pas mau Maghrib, sekitar jam 5 sore,” ujar Supriyono.

Daerah hulu sungai diketahui sempat diguyur hujan lebat, yang diduga menjadi penyebab banjir bandang.

Supriyono mengatakan, warga yang melihat kejadian tersebut sempat panik karena tak tahu apa yang harus dilakukan.

“Ketika itu saya juga bingung, kan sebagai kepala desa saya juga harus bertanggung jawab kepada warga saya. Apalagi waktu menjelang malam, jadi tambah bingung,” kata dia.

Kemudian Supriyono dan beberapa perangkat desa serta sejumlah warga menentukan langkah penyelamatan. Akhirnya, Supriyono memutuskan untuk terjun langsung menerjang banjir untuk menyelamatkan warganya yang terjebak banjir.

“Saya hanya berbekal pelampung di badan serta tali yang sebelumnya sudah diikatkan di pohon untuk berpegangan,” kata dia.

Setelah sampai di tempat warga yang terjebak banjir, Supriyono segera bergegas mengambilkan pelampung dari ban bekas.

Warga bernama Sundari itu langsung berpegangan di tali dan menaiki pelampung sehingga akhirnya bisa di selamatkan.

Supriyono yang masih tertinggal di tengah-tengah sungai, juga menggunakan pelampung yang sama hingga bisa menepi ke sisi sungai. ***

Bagikan: