Akibat Hujan Deras, Warga Gotong Royong Bangun Senderan

Cirebon, Beritainspiratif.com – Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Cirebon beberapa hari belakangan ini, mengakibatkan senderan jalan di blok Walinanggung, Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber mengalami kerusakan.
Untuk meminimalisir terjadinya hal terburuk, warga pun memilih untuk memperbaiki sandaran jalan secara swadaya. Perbaikan dilakukan secara gotong royong bersama masyarakat sekitar, muspika, lurah dan camat, serta dibantu beberapa anggota TNI dan Polri, kemarin.

Camat Sumber, Nanang Supriyatno menuturkan, dilakukannya perbaikan berawal dari laporan pihak kelurahan, tentang adanya kerusakan senderan atau penahan tanah. Menindak lanjuti hal itu, Nanang bersama Lurah Tukmudal, Baihaqi, mendatangi dan meninjau lokasi. Dan memang setelah di tinjau ke lokasi, jebolnya penahan tanah itu diakibatkan karena terkena gerusan air.

“Kegiatan tersebut terlaksana dari dana yang terkumpul secara swadaya dengan menggerakan warga sekitar, melalui ketua Rukun Warga (RW).

Selain senderan yang runtuh, tidak jauh dari lokasi tersebut, tanggul sungai dan ruas jalan di Blok Walinanggung, kondisinya memprihatinkan dan kami akan mengusulkan perbaikan mengenai hal itu kepada pemerintah daerah di tahun sekarang, paling lambatnya tahun 2020 mendatang,” ujar Nanang.

Sementara itu Lurah Tukmudal, Baihaqi memaparkan, yang dikerjakannya saat itu merupakan dampak dari hujan deras, Selasa sore lalu (5/2/2019). Karena saluran air yang tidak berfungsi secara normal, menyebabkan air meluap dan mengakibatkan runtuhnya senderan.

“Yang kita kerjakan sekarang, dampak dari hujan deras selasa sore. Mungkin ini dampaknya. Karena saluran air tertutup, jadi air melimpah dan mengakibatkan tanggul ini tidak kuat lalu jebol,” ujarnya.

(Dekur)

Bagikan: