Akhir Tahun 2018 " Layanan Samsat J'bret" Samsat Jawa Barat Ngabret



Bandung, Beritainspiratif.com - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bekerjasama dengan bank bjb dan Ditlantas Polda Jawa Barat, kembali menghadirkan inovasi layanan dalam pembayaran pajak kendaraan.

Pertama di Indonesia, kini membayar pajak kendaraan bisa dilakukan di bank bjb dan minimarket melalui program Samsat J’Bret. Dan pengesahannya bisa dilakukan di bank bjb atau polsek terdeka.

Samsat J’Bret (Samsat Jawa Barat Ngabret), merupakan sebuah inovasi dimana Wajib Pajak, bisa dengan mudah melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan.

Pembayaran PKB Tahunan Provinsi Jawa Barat Wilayah Hukum Polda Jawa Barat, kini bisa dilakukan di minimarket atau gerai modern channel yaitu Indomaret dan Alfamart.

Selain itu, Samsat J’Bret juga melayani pembayaran PKB melalui jaringan kantor atau teller bank bjb dan jaringan elektronik, yaitu ATM, SMS, dan bjb digi; e-commerce di Tokopedia dan Bukalapak; fintech di Kaspro, serta Channel Payment Point Online Bank (PPOB).

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Samsat J’Bret akan semakin mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

“Saya selaku Wakil Gubernur mengucapkan terimakasih karena telah mendorong akselerasi visi misi kami dalam kolaborasi dan inovasi,” kata Wagub Uu dalam sambutannya di acara Soft Launching Layanan Samsat J’Bret di Kantor Pusat bank bjb, Jalan Naripan Kota Bandung, Kamis (27/12/18).

Lebih lanjut, Uu menuturkan, Samsat J’Bret, merupakan yang pertama di Indonesia dan bisa dicontoh oleh daerah lain.

“Masyarakat ingin dimudahkan dalam hal membayar pajak. Apalagi yang namanya bayar pajak, sifatnya memaksa dan tidak ada kontribusi yang langsung terhadap pembayar pajak,” tutur Uu.

Hal senada juga diungkapkan Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Prahoro Tri Wahyono yang turut hadir dalam acara soft launching Samsat J’Bret. Tri yakin inovasi layanan seperti ini akan semakin mempermudah masyarakat dalam membayar PKB.

“Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat Jawa Barat dalam membayar pajak kendaraan,” tukas Tri dalam sambutannya.

Dalam acara ini dilakukan pula penyerahan secara simbolis, administrasi berita acara dan penyerahan sarana pendukung berupa 44 unit handphone dan 44 unit printer untuk pengesahan STNK di Polsek dari bank bjb kepada Polda Jabar.

(Ida)

Berita Terkait