Agar Terhindar dari Penyakit di Musim Pancaroba, Lakukan Hal Ini

Bandung,Beritainspiratif.com – Memasuki musim pancaroba, terutama pada saat awal memasuki musim penghujan daya tahan tubuh yang menurun kerap kali mengundang berbagai macam penyakit. Seperti batuk, flu, dan demam berdarah (DBD).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani Apip menghimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan untuk mencegah terjangkit penyakit.

Salah satu antisipasi yang paling mudah dilakukan yaitu, melakukan pola hidup bersih sehat. Seperti mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, makan seimbang, minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, hindari asap rokok.

“Dan yang paling penting, yaitu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit agar aliran darah lebih lancar dan stamina lebih baik,”katanya saat di hubungi via telepon, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, pihaknya telah bekerja sama bersama puskesmas secara rutin melakukan sosialisasi mengenai program. Terutama masalah DBD.

“Kami sering melakukan imbauan terutama soal demam berdarah dan program jumantik. Demam berdarah beberapa tahun meningkat, mudah-mudahan bisa menurun lagi dengan adanya program jumantik,”lanjutnya.

Hingga Agustus 2019, Penyakit DBD di Kota Bandung sudah mencapai 2.100 lebih kasus. Angka tersebut sudah mendekati angka di tahun kemarin.

“Agustus 2019 sudah mendekati angka sepanjang tahun 2018. Jadi kelihatan tahun ini akan lebih banyak sampai Desember di banding tahun lalu,”paparnya.

Tahun lalu, terjadi sekitar 2400an kasus DBD. Pihaknya terus mendorong masyarakat untuk mengikuti program jumantik. Hal ini diharapkan bisa menurunkan angka DBD di Kota Bandung. (Mugni)

Bagikan: