Adat Syukur Bumi Digelar untuk Kelancaran Festival Geopark Ciletuh

Sukabumi, Beritainspiratif.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya secara resmi membuka upacara adat Syukur Bumi yang mengawali sebelum dimulainya Festival Geopark Ciletuh di Kampung Adat Kesepuhan Sinar Resmi, Palabuhanratu, Jawa Barat, Sabtu (13/10/2018). Upacara ini bertujuan mengenalkan budaya Sunda dari akarnya.

“Pertama adalah venue-nya yaitu Geopark Ciletuh. Ini lokasi yang luar biasa. Punya nilai sejarah tinggi dan sangat eksotik. Dan venue ini akan dibalut dengan atraksi budaya khas Sunda yang sangat indah. Perpaduan dua hal ini, membuat festival menjadi memiliki nilai jual,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/10/2018) sebagaimana dilansir Kantor Berita Antara.

Kepala Dinas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi D. Budiman mengtakan sengaja memilih Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi karena pihaknya ingin memperkenalkan kebudayaan Sunda dari akarnya. termasuk Kampung Adat Sinar Resmi ini.

“Kegiatan ini akan jadi pembuka dari rangkaian Festival Geopark Ciletuh. Tujuannya untuk mendoakan agar seluruh rangkaian kegiatan bisa berlangsung dengan lancar hingga selesai nanti,” ungkap Budiman.

Hadir dalam upacara Adat Syukur Bumi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi D. Budiman, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Ida Harnida.   (Yanis)

Bagikan: