Ada Mural dan Signage Baru di Taman Sejarah Balai Kota Bandung



Bandung, Beritainspiratif.com - Hari Jadi ke-210 Kota Bandung diwarnai berbagai perayaan yang monumental. Salah satunya adalah peresmian wajah baru di Taman Sejarah, Balai Kota Bandung, Jumat (25 September 2020).

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial beserta Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan Forkompimda Kota Bandung menyambut mural baru di salah satu sudut taman tersebut.

Mural yang dilukis pada empat sisi dinding kubah Taman Sejarah itu mewakili empat fase sejarah Kota Bandung. Sisi utara menggambarkan era prasejarah Kota Bandung dengan berbagai legenda dan kehidupan tatar priangan.

Baca Juga:Ibb-tv-satelit-bandung132-kado-hut-ke-210-bagi-warga-kota-bandung

Pada sisi timur yang menghadap ke Jalan Merdeka, mural melukiskan gambaran fase prakemerdekaan. Suasana perjuangan rakyat Bandung untuk merebut kemerdekaan diilustrasikan secara apik.

Menghadap ke sisi selatan, suasana berbagai peristiwa sejarah untuk mempertahankan kemerdekaan tergambar jelas. Salah satunya peristiwa Bandung Lautan Api yang sangat monumental.

Tonton Video: di Kebumen Warga Yang Pakai Masker Dihadiahi Sayuran Oleh Kapolres

Sedangkan sisi barat yang tepat menghadap ke taman menunjukkan suasana Kota Bandung masa kini, yaitu di bawah kepemimpinan Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Kemajuan pembangunan dan teknologi menghiasi dinding tersebut.

Mural yang dilukis selama 16 hari itu dikerjakan oleh para seniman dari Ikatan Mural Bandung. Dengan desain dari Irma Dwi Noviani, lukisan tersebut digambar di atas dinding oleh lima orang, yaitu Indra Yusuf, Muhamad Angka Widjaya, Rizki Lutfi Wiguna, Erik Rifki, dan Putut Pramudiko.

“Objek utamanya sebetulnya Kang Pisman (Kurangi Pisahkan, Manfaatkan Sampah), ditandai dengan ada logo Kang Pisman. Kemudian ada gambar internet dan infrastruktur untuk mewakili pembangunan smart city,” tutur salah seorang pelukis, Indra Yusuf.

Baca Juga:Monumen-dewi-sartika-di-taman-balai-kota-bandung-akan-di-restorasi

Selain mural, Oded juga meresmikan signage dirinya selaku Wali Kota Bandung di sudut lain taman itu. Di sisi selatan taman, Oded melengkapi kumpulan signage para pemimpin Bandung dari masa ke masa.

Pada signage itu, Oded digambarkan sebagai sosok pemimpin agamis yang mendorong perubahan paradigma masyarakat tentang pola manajemen lingkungan melalui Kang Pisman.

Oded pun mengapresiasi karya para seniman muda berbakat itu. Ia mengaku senang mural dan signage baru itu menjadi salah satu kado di Hari Jadi Kota Bandung (HJKB).

“Saya berharap spirit 210 tahun ini yang bertepatan dengan dua tahun kami memimpin, saya berharap mudah-mudahan kita semua bisa mengambil pelajaran, terutama spirit utnuk melanjutkan pembangunan Kota Bandung dari estafet pendahulu kita,” tuturnya.*

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta