Ada Beberapa Faktor Sebabkan Hujan Deras Di Wilayah Bandung

Bandung, Beritainspiratif.com – Derasnya hujan di wilayah Bandung beberapa hari terakhir, membawa dampak yang luar biasa terutama dengan kejadian meluapnya Sungai Cicabe di kawasan Cicaheum Bandung Selasa sore kemarin, (20/3)

Berdasarkan pantauan citra satelit ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya curah hujan di Kota Bandung kemarin.

Pertama faktor lokal, yang disebabkan adanya pembentukan awan cumulonimbus di sekitar wilayah Bandung bagian Timur tepatnya di sekitar wilayah Kabupaten Bandung Bagian Utara (KBU) dan sekitarnya pada pukul 15.00 WIB

Faktor regional, adanya pertemuan angin (konvergensi) serta adanya belokan angin (shearline). Sehingga berpotensi terhadap pembentukan awan-awan konvektif potensial hujan.

Demikian dijelaskan Prakirawan BMKG Bandung M. Iid Mujtahidin, seperti yang dilansir Pikiran Rakyat Rabu 21 Maret 2018.

“Faktor global, karena terdapat anomali suhu permukaan laut di perairan Jawa Barat yang cenderung hangat. Sehingga berpeluang terjadi pembentukan awan-awan potensial hujan, ” lanjut Iid di Bandung.

Ditambahkan Iid, bahwa hujan deras yang menyebabkan banjir di Cicaheum Kota Bandung kemarin merupakan bagian puncak musim hujan tahun ini.

 

Sementara tim Resque Damkar Kota Bandung,  sejumlah elemen terkait dibantu masyarakat sekitar,  hari ini Rabu (21/3) tengah berupaya membersihkan barang-barang dan bangunan dari lumpur dan air yang masih menggenang di depan serta seberang sungai Cicabe Cicaheum Kota Bandung yang kemarin dilanda banjir bandang.

(Kaka/Dudy)

Bagikan: