ACT Ajak Bangsa Indonesia Beri Ramadhan Terbaik



Bandung, Beritainspiratif.com – Ramadhan segera hadir, pahala yang berlipat ganda terbuka lapang di bulan suci ini.

Menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut mengajak bangsa Indonesia untuk mewujudkan amal saleh untuk kemanusiaan, baik untuk sesama bangsa Indonesia maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global.

Semua terangkum dalam program kerja “Beri Ramadhan Terbaik”, yang resmi diluncurkan pada Rabu (9/5/2018).

Program “Beri Ramadhan Terbaik” menekankan pada ikhtiar kuat umat dalam meraih rida-Nya.

Ikhtiar terbaik dalam ibadah dan berbagi semata-mata untuk memperoleh penilaian terbaik dari Allah.

Pimpinan ACT Jabar Adi Nurdiansyah mengatakan, Ramadhan merupakan bulan terbaik dan termulia dari semua bulan hijriyah, hal tersebut menjadi momen pelipatgandaan ikhtiar dan amalan terbaik umat Muslim.

Dalam semangat “Beri Ramadhan Terbaik” masyarakat Indonesia, khususnya Muslim, bisa mewujudkan amalan terbaik dengan membahagiakan jutaan masyarakat paling membutuhkan hingga korban krisis kemanusiaan.

Semua dapat dilakukan melalui program filantropi yang digagas ACT selama bulan Ramadhan.

“Di dalam negeri, kita memiliki program Humanity Food Truck (HFT), truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan.

Insya Allah, Ramadhan nanti Humanity Food Truck akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat.

 

HFT akan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk masyarakat pra-sejahtera, akan ada pula Humanity Food Van, miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota di Indonesia selama Ramadhan,” jelas Adi Nurdiansyah pimpinan ACT Jabar

Di Bandung, hingga saat ini food van setiap kamis malam bergerak menyalurkan paket pangan yang lokasinya berpindah-pindah. Di Ramadhan kali ini food van akan membagikan paket berbuka puasa sebanyak 100 porsi perhari. Dan untuk giant food truck akan hadir di kota Bandung selama empat hari, dan ini merupakan food truck terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi mencapai 1000 porsi lebih perhari, ungkap Adi Nurdiansyah.

Selain Humanity Food Truck dan Food Van, ACT juga menggagas Kapal Ramadhan.

Sesuai identitasnya, Kapal Ramadan akan melakukan pelayaran selama bulan Ramadan nanti. Kapal Ramadhan akan menjangkau tepian negeri dari barat hingga timur Indonesia.

Sementara untuk ACT Jabar sendiri akan mengunjungi daerah tepian Jawa Barat seperti Cianjur selatan dan Garut selatan.

Disamping itu program lokal di Bandung yaitu mobile social rescue (MSR), yaitu program yang menangani pasien medis kurang mampu yang memerlukan biaya tinggi serta tidak tercover oleh BPJS.

Diawal tahun ini ACT sudah mengangkat tiga kasus, dan pada Ramadhan tahun ini akan mengangkat 10 kasus MSR.

Sementara program global ACT antara lain yaitu solidaritas kemanusiaan dunia islam (SKDI), yaitu program pangan untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin. Insya Allah, Ramadhan 1439 H, akan ada delapan negara yang akan disapa ACT.

Mereka di antaranya Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar (Rohingya).

Sementara itu, berbagi kebaikan juga meluas hingga luar negeri, khususnya di negara-negara yang mengalami krisis kemanusiaan.

ACT turut menyuplai kebutuhan pangan selama Ramadhan bagi masyarakat yang terkena dampak krisis kemanusiaan. Kebutuhan pangan tersebut di antaranya, paket pangan Ramadhan, paket ifthar (berbuka puasa), serta paket pangan Idul Fitri.

Di ramadhan ini ACT akan menghadirkan Syeikh dari Palestina ke kota Bandung dan beberapa wilayah Jabar untuk memberikan tausyiah serta gambaran kondisi saudara kita disana selama 25 hari.

Di momen Ramadhan nanti, ACT juga mengadakan lomba jurnalistik kemanusiaan. Lomba tersebut sebagai ikhtiar untuk meluaskan kebaikan Ramadhan kepada khalayak. Lomba jurnalistik kemanusiaan terbuka untuk awak media dari tv, media online, dan media cetak di seluruh Indonesia. (Dudy)

Berita Terkait