Acep Zamzam Noor : Politis Seniman Harus Buat Kebijakan untuk Kembangkan Kesenian

Bandung, Beritainspiratif.com – Berbagai cara perlu dilakukan untuk terus melestarikan kesenian di Indonesia, tidak hanya pagelaran, melestarikan kesenian bisa juga dilakukan dengan membuat sejumlah kebijakan.

Hal tersebut diungkapkan seniman asal Kabupaten Tasikmalaya Acep Zamzam Noor dalam diskusi yang digelar di aula Abdjan Sulaiman UIN Bandung, Jalan A.H. Nasution kota Bandung. Selasa (13/11/2018).

Acep mengatakan, selama ini kesenian seringkali hanya dilestarikan di dalam sanggar-sanggar dan pagelaran-pagelaran padahal banyak politisi yang hari ini memiliki latar belakang seniman.

“Hadirnya seniman dalam dunia politik baik sebagai anggota dewan pusat maupun dewan di daerah sebetulnya bisa melestarikan seni dengan membuat kebijakan tentang kesenian, dalam pendidikan misalnya,” kata Acep.

Dirinya menjelaskan, sebetulnya para politisi dengan latar belakang seniman tersebut sangat mungkin mendorong terciptanya kebijakan, misal memasukkan kurikulum kesenian tradisional atau “kaulinan budak” dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar.

Dengan begitu, dikatakan Acep, kesenian tidak hanya terpaku pada seberapa sering melakukan pagelaran dan seberapa banyak sanggar-sanggar seni, karena dengan adanya kurikulum tersebut setiap anak di Indonesia dapat mengetahui lebih dini bagaimana caranya kesenian bisa lestari.

“Terutama masa kini di tengah gencarnya teknologi digital yang sedikit banyak mungkin mengikis pelestarian kesenian itu sendiri,” tandasnya.   (Tito)

Bagikan: