80 Persen SMP di Kabupaten Cirebon Siap Laksanakan UNBK

Cirebon, Beritainspiratif.com – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan kedepan, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon terus berbenah.

Dari sekitar 80 SMP Negeri yang ada di Kabupaten Cirebon, semuanya akan melaksanakan UNBK. Dan pelaksanaan UNBK 2019 ini adalah UNBK yang ke 2 dimana semua SMP Negeri sudah meninggalkan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Asdullah, saat di temui Beritainsiratif.com mengatakan, dari SMP Negeri yang ada di Kabupaten Cirebon, sekitar 80 persen pelaksanaan UNBK dilaksanakan di sekolahnya masing-masing sedangkan sisanya pelaksanaan UNBK masih mengginduk ke sekolah lain.

“Hampir semuanya sudah mandiri, atau pelaksanaan UNBK-nya di sekolah masing-masing, yang masih menginduk tinggal sedikit lagi, paling juga di bawa 15 sekolah,” ujar Asdullah, Sabtu (2/3/2019)

Dikatakan Asdullah, faktor sekolah yang belum melaksakan UNBK mandiri salah satunya adalah kurangnya sarana dan prasarana.

“Banyak yang harus dipersiapkan untuk bisa melaksanakan UNBK secara mandiri, salah satunya adalah menyiapkan sarana dan prasarana, untuk masalah ini (sarana dan prasarana.red) semua kita serahkan ke orang tua siswa melalui komite sekolah,” katanya.

Dikatakan Asdullah, sejauh ini pihaknya masih terus melakukan upaya perbaikan khususnya sarana, diharapkan pada saat pelaksanan nanti tidak terjadi kendala apapun.

“Dari evaluasi pelaksanaan tahun kemarin kendala itu adanya di server dan listrik, kalau server itu semua mendinduk ke kementerian dan untuk masalah listrik, kami sudah meminta tolong kepada PLN agar pada saat pelaksanaan nanti tidak ada pemadama di sekolah-sekolah,” katanya.

Selain berkordinasi dengan pihak PLN, ditambahkan Asdullah, pihaknya juga menyarankan kepada sekolah untuk menyediakan genset selama pelaksanaan UNBK nanti.

Disinggung mengenai sekolah swasta, Asdullah mengatakan, hampir seluruh sekolah SMP/MTS swasta yang ada di Kabupaten Cirebon sudah akan melaksanakan UNBK pada tahun ini, meski ada beberapa sekolah yang masih melaksanakan UNKP.

“Tahun depan mudah-mudahan seluruh sekolah swasta di Kabupaten Cirebon bisa melaksanakan UNBK,” tambahan.

(Dekur)

Bagikan: