7 Polda Naik Jadi Tipe A Pekan Depan dan Akan Dijabat Jenderal Bintang 2



Jakarta, Beritainspiratif.com - Kapolri Jenderal Idham Azis segera menaikkan status 7 Polda dari tipe B menjadi tipe A. Peresemian segera dilakukan usai pengajuan kenaikan tipe 7 Polda ini disetujui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Adapun persetujuan peningkatan tipe oleh Menpan-RB tersebut sesuai dengan surat No:B/7821/XII/OTL.1.1.3/2019 tertanggal 31 Desember 2019 yang diterima Mendagri Tito Karnavian. 7 polda yang naik tipe dari B menjadi A adalah Polda Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Dikutip dari laman Divisi Humas Polri, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan kenaikan 7 Polda ini akan dilaksanakan pada 22 April 2020 sesuai surat telegram Kapolri dengan nomor ST/1189/IV/OTL.1.1.3./2020 yang ditandatangani Asrena Kapolri Irjen Hendro Sugiatno.

“Rencana 22 April pak Kapolri menaikkan tipologi 7 Polda tersebut,” ucap Karo Penmas, Rabu (15/4/2020).

Lebih lanjut, Brigjen Argo mengatakan peningkatan status tipe ketujuh Polda tersebut sudah melalui proses pertimbangan yang komprehensif. Salah satu pertimbangannya adalah luas wilayah dan tingkat kriminalitas di wilayah tersebut sehingga perlu ketahanan keamanan yang lebih kuat.

“Beberapa indikator semuanya sudah menjadi pertimbangan ya sesuai dengan kondisi,” ucapnya.

Dengan naiknya status tipe 7 Polda tersebut. Maka jabatan Kapolda yang sebelumnya diemban oleh Jenderal bintang satu, otomatis akan diemban oleh Jenderal bintang dua. ***

Berita Terkait