7 Dosa Sosial menurut Mahatma Gandhi



1. Kekayaan tanpa KERJA

Kekayaan yang didapat dengan menghalalkan segala cara. Mengabaikan orang lain apakah hal tersebut merugikan orang lain atau tidak. Contoh riilnya Korupsi

2. Kesenangan tanpa NURANI

Kesenangan hanya untuk dirinya, tidak mau tahu bahwa ada orang lain yang tersakiti atau tersinggung. Contohnya bermewah-mewahan padahal lingkungan di sekitar rumahnya kalangan menengah kebawah.

3. Ilmu tanpa KEMANUSIAAN

Keilmuan tanpa memperdulikan kemanusiaan yaitu hanya untuk sebatas kekuasaan. Tanpa adanya kontribusi untuk kemanusiaan. Contohnya ilmu ya ilmu masa bodoh bila ada konten yang melanggar hak asasi.

4. Pengetahuan tanpa KARAKTER

Pengetahuan tanpa karakter yaitu pengetahuan yang hanya melahirkan orang-orang yang berilmu namun tidak ada moralitas. Karakter dimaksudkan sebagai identitas orang sehingga pengetahuan tidak hanya sekedar pengetahuan namun juga mengajarkan moral dan etika.

5. Politik tanpa PRINSIP

Politik tanpa ada landasan dari dasar suatu negara. Meskipun dasar negara ada tapi pemimpin tidak menjalankannya. Menetapkan keputusan yang menguntungkan partai politik pengusungnya.

6. Perniagaan tanpa MORALITAS

Berniaga atau berdagang tanpa mempedulikan orang lain yang berniaga. Bisa dengan cara memfitnah lawan dagang atau bisnisnya sehingga menguntungkan dirinya dan merugikan orang yang difitnah.

7. Ibadah tanpa PENGORBANAN

Beribadah kepada Tuhan namun tidak mau mengeluarkan materi. Beribadah tetap beribadah namun jika menurut dirinya dapat merugikan atau mengurangi hartanya maka dia tidak mau. Jika dalam Islam mereka ini sholat dan berdoa seperti biasa namun untuk zakat, infak, shodaqoh dan kurban terasa sangat berat. Apaka contoh seperti ini ada. Wallahu A'lam Bishawab

Ini penjelasan menurut pribadi, maaf bila pemahaman saya belum sempurna.

sumber : blogspot.co.id

Berita Terkait