6 Pemain Lokal dengan Nilai Jual Termahal di Liga 1 Indonesia

Beritainspiratif.com – Liga 1 2020 akan bergulir pada 29 Februari mendatang dan berbagai klub pun sibuk mendatangkan amunisi anyar untuk memperkuat tim. Selain merekrut pemain asing, klub-klub peserta Liga 1 2020 aktif berburu pemain lokal.
Bahkan, beberapa pemain lokal yang didatangkan klub-klub tersebut mendapat nilai kontrak besar. Salah satu pemain tersebut adalah Evan Dimas Darmono yang berlabuh di Persija Jakarta.

Evan memiliki nilai jual Rp5,2 miliar. Jumlah tersebut membuat Evan masuk daftar enam pemain lokal dengan nilai jual termahal.

Namun, belum tentu klub-klub Liga 1 mengontrak si pemain dengan jumlah yang sama nilai jual.

Berikut enam pemain lokal dengan nilai jual termahal mengacu Transfermarkt:

1. Stefano Lilipaly

Lilipaly menempati daftar teratas pemain lokal dengan nilai jual termahal di Liga 1. Pemain berdarah Belanda itu dapat kontrak 425 ribu euro atau setara Rp6,3 miliar per tahun.

Banderol itu menjadikan Lilipaly masuk posisi tiga besar di Bali United. Ia hanya berada di bawah Brwa Nouri (Rp8,9 miliar) dan Willian Pacheco (Rp6,7 miliar).

Lilipaly sendiri masih terikat kontrak hingga 31 Desember 2020 sejak bergabung pada 11 Agustus 2017 lalu.

2. Febri Hariyadi

Febri jadi pemain lokal yang memiliki harga jual paling besar di Persib. Nilai jual winger lincah Maung Bandung itu hanya kalah dari bek impor, Nick Kuipers yang dikontrak Rp7 miliar setahun.

Nilai jual sebesar Rp5,9 miliar memang terbilang besar untuk ukuran pemain berusia 23 tahun. Namun demikian, nilai sebesar itu dirasa wajar jika mengacu peran pentingnya di Persib.

Febri juga berstatus penggawa Timnas Indonesia. Ia sudah bermain dalam 15 laga bersama tim Merah Putih.

3. Evan Dimas

Evan Dimas merupakan amunisi anyar yang dimiliki Persija jelang bergulirnya Liga 1 2020. Gelandang yang tampil di SEA Games 2019 itu dikontrak selama satu tahun.

Harga jual Evan Dimas dilaporkan mencapai 350 ribu euro atau setara Rp 5,2 miliar. Jumlah tersebut setara dengan winger lincah Persija, Riko Simanjuntak.

Banderol Evan Dimas sendiri lebih besar dari penyerang anyar, Osvaldo Haay. Mantan pemain Persebaya itu diprediksi berhak mendapat Rp4,4 miliar per musim.

4. Riko Simanjuntak

Riko berdiri sejajar dengan Evan Dimas terkait nilai kontrak di Persija. Keduanya sama-sama dinobatkan punya nilai jual Rp5,2 miliar dalam satu musim.

Nilai yang didapat Riko bisa dipahami. Hal ini lantaran mantan pemain Persegres Gresik dan Semen Padang itu punya kontribusi besar buat tim.

Riko merupakan pemain yang paling rajin memanjakan Marko Simic melalui umpan-umpan matang. Simic sendiri jadi pemain dengan banderol paling besar di Persija.

Penyerang asal Kroasia itu menerima 550 ribu euro atau Rp8,2 miliar per tahun.

5. Ricky Fajrin dan Andritany Ardhiyasa

Bek kiri Bali United, Ricky Fajrin secara mengejutkan masuk dalam daftar pemain lokal dengan gaji termahal di Bali United maupun Liga 1.

Pemain asal Jawa Tengah itu menerima 325 ribu euro atau Rp4,8 miliar per tahun. Angka ini terhitung besar untuk ukuran bek kiri yang baru berusia 24 tahun.

Nilai kontrak Ricky Fajrin sama dengan yang didapat Andritany Ardhiyasa di Persija. Kapten tim Macan Kemayoran itu berada di bawah Evan Dimas dan Riko Simanjuntak sebagai pemain lokal dengan nilai jual termahal saat gabung Persija. ***

Bagikan: