6 Negara Ini Miliki Cara yang Unik Dalam Menyambut Tahun Baru



Beritainspiratif.com - Tahun 2019 akan segera berakhir dan berganti menjadi 2020. Banyak kebiasaan yang dilakukan milenial dalam menyambut tahun baru.

Kembang api, konser musik, tiupan terompet, berjalan-jalan, barbeque, dan masih banyak lagi adalah hal-hal yang selalu ada di setiap perayaan tahun baru dan mungkin sudah biasa dalam menyambut pergantian tahun.

Namun ternyata, tidak semua negara dalam menyambut tahun baru dirayakan dengan cara yang sama. Berikut negara-negara  yang memiliki tradisi unik dan menarik dalam menyambut perayaan pergantian tahun. 

Jepang

Orang-orang Jepang dalam merayakan tahun baru dilakukan dengan menikmati makanan yang terdiri dari tiga jenis makanan kaleng yaitu telur ikan segar, ikan sardine asap dan manisan rumput laut.  

Telur ikan segar dianggap sebagai lambang dari kemakmuran, sedangkan tatsukuri atau ikan sardine asap adalah hal yang melambangkan tanah yang subur, serta manisan rumput laut yang menjadi lambang perayaan.

Makanan-makanan ini dipercaya sebagai lambang dari harapan orang Jepang untuk kehidupan yang lebih baik di tahun mendatang.

Korea

Negeri Ginseng Korea memiliki tradisi tahun baru yang unik. Dengan cara menyantap Thuck-Gook atau kaldu daging sapi yang berisi telur dadar dan kerupuk beras, sebagai simbol bahwa mereka percaya bahwa umur mereka tidak bertambah pada tahun itu, dan berharap awet muda selalu.

Spanyol

Spanyol memiliki tradisi tahun baru yang berhubungan dengan makanan. Tepat pada tengah malam di tanggal 31 Desember menuju 1 Januari, orang-orang Spanyol memakan anggur berjumlah 12 butir.

Anggur 12 butir mengartikan tentang harapan mereka untuk 12 bulan baru ditahun mendatang akan dipenuhi oleh kemakmuran dan kebahagiaan. 

Finlandia

di Finlandia ada suatu tradisi unik dalam rangka menyambut tahun baru. Untuk memprediksi apa yang akan terjadi di tahun berikutnya, biasanya warga Finlandia melelehkan sebuah lempengan timah dalam sebuah baskom air.

Bentuk timah ini nantinya akan menunjukkan apa yang akan terjadi di tahun depan. Bentuk hati atau cincin melambangkan perkawinan, bentuk kapal berarti perjalanan dan bentuk babi mengartikan akan banyak rejeki berupa makanan di tahun baru mendatang. 

Meksiko

Meksiko memiliki cara yang cukup unik dalam melihat keberuntungan di tahun mendatang. Berbicara pada roh-roh merupakan kepercayaan yang melekat erat pada penduduk Meksiko, dan malam tahun baru diyakini sebagai saat paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang yang sudah meninggal sebagai cara mendapat pesan tertentu, atau petunjuk akan masa depan. 

Chile

Masih berbau misteri, Warga Talca di Chile merayakan tahun baru bersama keluarga mereka yang sudah meninggal. Karena itu, setiap jam 23.00 Walikota Talca membuka gerbang pemakaman utama di Talca.

Saat itulah penduduk berdatangan dengan iringan musik klasik dan kerlip lampu yang temaram sebagai pelengkap acara. Dengan tradisi ini, warga Talca percaya bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka. 

Yanis

Berbagai sumber

Berita Terkait