5 Program Citarum Harum Disenergikan Dengan Penelitian Unpad Selama 30 Tahun



Bandung, Beritainspiratif.com - Gagasan pemerintah terkait program Citarum Harum menjadi semangat baru bagi para peneliti di Universitas Padjajaran, pasalnya, para peneliti tersebut telah melakukan penelitian di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Selama 30 tahun terakhir, hal itu diungkapkan Ketua Pusat Unggulan Lingkungan dan Ilmu Keberlanjutan Universitas Padjadjaran, Parikesit, saat rapat kerja di gedung Magister Ilmu Lingkungan Unpad, Jalan Sekeloa Selatan No. 1, Bandung, Jumat (21/9).

Berdasarkan pemetaan Parikesit bersama timnya, penelitian yang dilakukan selama 30 tahun terakhir berkaitan dengan 12 tema dan 40 topik, diantaranya, kualitas air, ekologi polusi, kajian keamanan bendungan dan topic lainnya.

Sementara itu, rapat juga dihadir sejumlah dosen Unpad, perwakilan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), perwakilan militer Mayor Inf. Dian Destiawan Setyadi, Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman Kemenkomaritim RI Rofi Alhanif.

Dilansir dari laman resmi Unpad, Rofi mengatakan rapat tersebut bisa memudahkan Rencana Aksi Citarum Harum. “Pak Gubernur Ridwan Kamil sudah siap membuat Rencana Aksi, dan membutuhkan ahli dan konsultan. Dengan pertemuan ini, kita harapkan Pak Parikesit dan tim Unpad bisa membantu untuk hal-hal signifikan,” kata Rofi.

Dian Destiawan juga mengapresisi langkah ini, lantaran bisa memperjelas pelaksanaan teknis Program Citarum harum, “rencana Aksi ini akan memperjelas program Citarum Harum, selama ini pelaksanaan kerja di lapangan kan masih sebatas menangani masalah secara sektoral, belum melihat ke depan mitigasi Citarum itu seperti apa supaya berjalan dengan benar,” katanya

Masih kata Dian, sementara ini Satgas Citarum Harum berfokus pada lima hal yaitu rehabilitasi wilayah hulu, penanganan sampah domestik, penanganan limbah industri, penanganan keramba jaring apung, serta pencegahan dan penindakan hokum “fokus kita sementara itu dulu,” pungkas nya.   (Yanis)

Berita Terkait