5 Event Festival di Jabar Dipromosikan Kemenparekraf ke Level Dunia



Bandung, Beritainspiratif.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, kebudayaan menjadi kekuatan pariwisata Jawa Barat.

Hal itu tercermin dari 167 event West Java Calendar of Event (CoE) and Festival 2020, 107 di antaranya merupakan event kebudayaan.

"Awal tahun 2020, kita me-launching yang namanya Calendar Event. Nah, Calendar Event ini untuk festival didominasi oleh festival kebudayaan. sebanyak 64 persen. Festival budaya di Jabar ini (memang) cukup diminati,” kata Dedi di Trans Luxury Hotel, Rabu (22/1/2020).

Menurut Dedi, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar saat ini berkeyakinan, bahwa kebudayaan merupakan kekuatan pariwisata Jabar.

Dengan banyaknya festival budaya, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jabar.

“Komitmen Pemda Provinsi Jabar, kebudayaan menjadi kekuatan untuk pariwisata. Diharapkan pada festival atau calendar event ini ada peningkatan kunjungan. Sesuai arahan Pak Menteri Pariwisata, tidak melihat jumlah kunjungan yang banyak tapi kualitas tourism-nya,” ucapnya.

“Kebudayaan Jabar ini sesuai dengan strategi promosi pengembangan pariwisata, budaya ini menjadi kekuatan. Tahun ini harus ada pendekatan partisipasi masyarakat dan kemudian ada juga keunikan,” tambahnya.

Dari 167 event festival di dalam CoE tahun 2020 ini, terdapat lima event yang mendapat dukungan dan akan dipromosikan secara masif ke level dunia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI).

Kelima event yakni Asia Afrika Festival 2020 di Bandung, Cap Go Meh di Bogor, Hardfest Pesona Jatigede di Sumedang, Festival Seni dan Budaya di Cirebon dan Gebyar Pesona Budaya di Garut.

(Ida)

Berita Terkait