4 Pedagang Pasar di Kota Bandung yang Positif Covid-19, di Isolasi Mandiri



Bandung, Beritainspiratif.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Rita Verita mengatakan terkait adanya 10 warga Kota Bandung terpapar positif Covid-19  yang berasal dari lingkungan pasar tercatat 4 orang diantaranya merupakan pedagang dari 3 pasar di Kota Bandung.

Tiga pasar tersebut yakni Pasar  Lewie Panjang (2 pasien), Pasar Haur Pancuh (1 pasien), dan Pasar Sadang Serang (1 pasien).

"Kita sudah lakukan hampir dua minggu ini hasilnya pedagang sudah lakukan rapid tes dari 1.044 pedagang di 43 pasar dari hasil itu ada 45 yang reaktif. Selanjutnya dari yang reaktif itu ditindaklanjuti swab test, 4 orang dinyatakan positif yang kemudian dilakukan isolasi mandiri. Sementara, salah satu blok itu langsung ditutup dan tidak berdagang," ucap Rita di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Senin (8/6/2020).

Menurutnya, Pasien positif Covid-19 tersebut, dilakukan dari minggu kemarin, dan dua minggu tracing pasar, sementara yang positif tersebut mengikuti tes swab Sabtu lalu.

"Dari pedagang yang positif Covid-19 tersebut diantaranya dari hasil tracing petugas Puskesmas. Hanya saja, empat orang itu tidak termasuk klaster baru, kalau satu pasar semuanya positif baru itu masuk klaster,"katanya.

Lebih lanjut Rita mengatakan, untuk warga yang sempat pergi ke pasar atau warga yang merasa pernah ke pasar, pihaknya mengaku melakukan tracking.

"Misalnya pedagang keluar dari rumah subuh langsung ke pasar, langsung ke toko tidak pernah kemana-mana kecuali ke wc. Kemudian, di rumah si pedagang ada 2 orang anak istri dan satu itu yang di rapid. lalu yang pulang pasar  tradisional 12.00 WIB sudah tutup," ujarnya.

Disamping itu, kalau yang pernah belanja mereka bisa di usulkan untuk rapid test.

"Begitu ada hasilnya langsung isolasi mandiri langsung di tutup (pasar)," pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait