4 Orang Meninggal Akibat DBD, Dinkes Kota Bandung Ingatkan Bersihkan Talang Air

Bandung, Beritainspiratif.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyebutkan 4 orang warga Bandung berusia dibawah 5 tahun meninggal dunia akibat terserang oleh penyakit demam berdarah dengue (DBD). Berdasarkan data Dinkes, hingga akhir Februari, jumlah penderita DBD mencapai kurang lebih 500 orang.

“Januari 248 kasus (DBD), Februari 204 kasus. Jumlah kematian Januari 2 kasus usia 2 dan 3 tahun dan Februari 2 kasus. Mereka sudah dalam kondisi shock masuk ke rumah sakit,” ujar Kepala Dinkes Kota Bandung, dr Rita Verita saat ditemui di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSKIA) KotaBandung Jalan KH. Wahid Hasyim  Jumat (13/3/2020).

Menurutnya, penyebaran DBD salah satu berada di talang-talang atau saluran air berisi air yang tidak dibersihkan. Ia mengatakan, talang merupakan tempat per-indukan nyamuk yang sulit dikontrol oleh masyarakat.

“Masyarakat sudah diberitahu, jangan membersihkan tempat perindukan nyamuk yang biasa, akan tetapi talang juga jangan dilupakan,”katanya.

Rita menambahkan, kasus penyakit DBD tahun 2020 di bulan Januari dan Februari relatif masih kecil dibandingkan tahun 2019 pada bulan yang sama.

“Januari tahun lalu 800 lebih kasus dan Februari 600 kasus, meninggal 14 orang selama satu tahun,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan saluran air atau talang yang berada di pemukiman padat menjadi salah satu sumber penyakit DBD.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih ketat membersihkan talang-talang yang berada di lingkungan rumah.

“Salah satu di perkotaan cukup tinggi (DBD) karena talang,” katanya.

Pihaknya juga mendorong masyarakat Kota Bandung di tiap rumah untuk terus membersihkan lingkungan agar terhindar dari penyakit DBD.

(Mugni)

Bagikan: