4 Mahasiswa ITB Raih Sukses di Kompetisi Matematika Bulgaria

Beritainspiratif.com – Bimo Adityarahman Wiraputra mahasiswa prodi teknik informatika, STEI Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih medali emas atau first prize dalam kompetisi International Mathematic Competition (IMC) 2018 yang dilaksanakan di Blagoevrad, Bulgaria pada tanggal 22-28 Juli 2018, yang diungkap tribunjabar.id.

Bersaing dengan 351 peserta lainnya dari berbagai negara di dunia, termasuk 9 orang dari Indonesia, Medali yang diraih tersebut dipersembahkan kepada almamater tercinta, orangtua, teman-teman satu tim dan pembimbing.

Bimo bersyukur bisa meraih juara, dan merupakan kebanggan tersendiri karena bisa membawa nama harum Indonesia di dunia internasional, dan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan, kecuali

mengerjakan soal bersama teman dan dengan pembimbing dan rekan-rekan tim.

Bimo sering membaca kembali buku-buku dan topik yang diprediksi akan diujikan dalam tes di IMC, dan selama ikut lomba, ada beberapa soal yang diujikan, mulai dari tingkatan mudah, sedang dan sulit, semuanya bisa dilewati dengan baik,” ujarnya.

Bimo sangat menyukai analisis riil dan kombinatorika dalam matematika tersebut, dan kedepan akan lebih fokus lagi mendalami dunia informatika sesuai dengan program studinya saat ini.

Selain Bimo, ada tiga mahasiswa ITB lainnya dari Prodi Matematika yang mengikuti IMC 2018, antara lain Hopein Cristofen Tang yang meraih Third Prize, Laurence Petrus Wijaya meraih Honorable Mention, dan Mochammad Zulfikar Aditya juga meraih Honorable Mention.

Kami berempat dibimbing oleh dosen muda Kelompok Keahlian Aljabar Prodi Matemika FMIPA-ITB, Afif Humam, M.Si,.

Yanis

Bagikan: