33 % Penyebaran Covid-19 di Kota Bandung dari Klaster Keluarga



Bandung, Beritainspiratif.com - Tingkat kepatuhan masyarakat Kota Bandung menurun sebesar 7.05%. Mayoritas warga tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tidak memakai masker.

Hal itu juga yang akhirnya menggiring Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, yang terdiri dari seluruh Forkopimda di Kota Bandung memutuskan tetap melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Diperketat dengan lebih menguatkan pengawasan operasi yustisi di semua titik di Kota Bandung.

"Di Kota Bandung yang terdapat kasus Covid ada 61 kelurahan, namun masih didominasi oleh kelurahan yang tidak ada Kasus positif yakni ada 90 kelurahan bebas Covid-19," ujar Wali Kota Bandung, Oded M.Danial usai melakukan Rapat Terbatas (Ratas) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Pendopo Kota Bandung, Rabu (7/10/2020).

Baca Juga:Kota-bandung-perpanjang-akb-diperketat-oded-psbm-diserahkan-kewilayahan

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung mengatakan, sebanyak 3 kecamatan di Kota Bandung tanpa kasus konfirmasi aktif yaitu Babakan Ciparay, Bandung Wetan, dan Cibiru.

"Kendati demikian warga tetap waspada karena saat ini penyebaran sekitar 33 persen berasal dari klaster Keluarga,"katanya.

Sekarang ini, lanjut Ema, seolah warga cuek tidak terjadi apa-apa karena itulah pihaknya terus gencar mengimbau warga Kota Bandung untuk terapkan protokol kesehatan.

"Setiap keluar rumah pakai harus masker," ucap Ema.

Sementara itu, terkait jumlah positif aktif di Kota Bandung per tanggal 6 Oktober 2020 berjumlah 189 (bertambah 85), konfirmasi sembuh 1.213 (bertambah 192) dan konfirmasi meninggal 61 (bertambah 7). Sedangkan kenaikan kasus kematian disebabkan oleh penyakit komorbid/penyerta, 67.21% terjadi karena diabetes mellitus dan hipertensi.

"Kita sudah melakukan tes masif kepada 3.250 orang yang dilaksanakan tanggal 27 Agustus – 17 September 2020. tercatat 328 orang di antaranya dinyatakan positif. Namun per hari ini 100 persen sudah dinyatakan sembuh,"pungkasnya.

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

(Mugni)

Berita Terkait