Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018 Jawa Barat Dapat Kadeudeuh

Bandung, Beritainspiratif.com – Para Atlet, Pelatih, dan Anggota Kontingen Asian Games ke 18 dan Asian Para Games ke 3 Tahun 2018 Asal Jawa Barat, menerima bonus atau “Kadeudeuh” dari Pemprov. Jawa Barat.

“Hari ini kita membagikan “kadedeuh” bonus kepada altlet-atlet Asian Games dan Paragames 2018. Kenapa baru sekarang ? Kan harus dianggarkan dulu sesuai aturan, jadi mohon maaf baru sekarang,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Grand Hotel Pasundan Bandung, Kamis (13/12/18).

Gubernur menyampaikan rasa bangganya, atas prestasi dan pencapaian yang diraih atlet Jawa Barat.

Dia menyebutkan, dari sejumlah medali yang berhasil diraih Indonesia pada ajang Asian Games 2018, sebagian besar diantaranya dikumpulkan oleh atlet Jawa Barat.

“Spektakuler juga di ajang Asian Paragames. Dari keseluruhan medali yang diperoleh Indonesia, setengahnya diraih atlet Jawa Barat. Itu menunjukan kualitas olahraga di Jawa Barat luar biasa, dengan ukuran tingkat Asia,” tambah 1Emil, panggilan akrab Gubernur.

Keberadaan atlet dan pelatih asal Jawa Barat dalam kedua event tersebut, menurut Emil secara signifikan telah memberikan kontribusi terhadap prestasi bagi kontingen Indonesia.

Adapun total bonus yang diberikan Pemerintah Jawa Barat, kurang lebih Rp8 miliar, berasal dari dana APBD Provinsi, bank bjb, dan dari sumbangan pihak swasta. Dengan rincian Rp6,1 miliar dari Pemprov dan sisanya dari pihak lainnya.

Emil pun mengingatkan, kepada para penerima “kadedeuh”, memanfaatkan rezeki yang didapat untuk kegiatan produktif bukan hal- hal konsumtif.

“Kalau ada rejeki, jangan selalu sifatnya “euphoria”, tapi cobalah invenstasi. Jangan salah kelola rejeki,” pesan Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora) Jabar, Yudha Munajat Saputra mengatakan, para atlet saat ini pun tengah melakukan persiapan jelang perhelatan SEA Games 2019 Filipina dan Olimpiade Tokyo 2020.

“Mereka sedang mengejar skor dan ranking untuk babak kualifikasi. Banyak juga atlet Jabar sedang TC termasuk pelatih,” tuturnya.

Sesuai arahan Gubernur, dalam waktu dekat pihaknya berencana menggelar seminar Sport Science. Dengan harapan dapat mencetak atlet-atlet dengan performa tinggi.

“Jadi nanti ada seminar Sport Science, untuk mencapai high performance para atlet tersebut,” katanya.

“Mudah-mudahan pemberian penghargaan ini memotivasi atlet, pengurus sehingga bisa lebih baik, dan Jawa Barat Juara di event nasional hingga Internasional,” harap Yudha. (Ida)

Bagikan: