250 Pos dan Sub Pos KB Mendapatkan Pembekalan  Ketahanan Keluarga



Cirebon, Beritainspiratif.com - Libatkan sejumlah pakar, sebanyak 250 orang Pos KB dan Sub Pos KB dapatkan penyuluhan kembali mengenai KB dan membangun ketahanan keluarga dalam Roadshow Ketahanan Keluarga Kota Cirebon.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Cirebon, Deane Dewi Ratih, menjelaskan jika roadshow Ketahanan Keluarga Kota Cirebon hari ini, Selasa (28/8) merupakan kelanjutan dari roadshow sebelumnya.

“Tahun anggaran ini ada 4 kali kegiatan. Namun terpotong pilkada, sekarang baru kita selenggarakan lagi,” ungkap Deane.

Untuk roadshow ketahanan keluarga hari ini diperuntukkan bagi 250 orang Pos KB dan Sub Pos KB di Kecamatan Lemahwungkuk selaku mitra pengelola Kependudukan dan KB Pembangunan Keluarga (KKBPK) di lini lapangan. Termasuk pula dengan melibatkan para pengurus kampung KB di masing-masing kecamatan.

Para kader tersebut, lanjut Deane, kembali mendapatkan pemahaman dan wawasan mengenai pentingnya membangun ketahanan keluarga yang mandiri dan sejahtera. Sejumlah pakar dilibatkan, mulai dari pakar kesehatan, KB hingga mereka yang terlibat dalam penanganan penanggulangan narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Mereka juga akan dibekali dengan pengetahuan terbaru bagaimana peredaran narkoba dan pencegahannya,” ungkap Deane.

Roadshow ini menurut Deane sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman Pos KB dan Sub Pos KB dalam bertugas di lapangan. Karena mereka merupakan lini terdepan untuk bisa membangun ketahanan keluarga di masyarakat.

“karena ketahanan keluarga ini sangat penting dalam pembangunan,” ungkap Deane.

Karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat. Jika keluarga kuat, maka negara juga akan kuat. Deane juga menambahkan jika saat ini Kota Cirebon sudah memiliki 5 kampung KB di masing-masing kecamatan.

“Targetnya tahun depan kita tambah 3 kampung KB lagi,” ungkap Deane.

Melalui kampung KB yang sudah ada diharapkan bisa menjadi percontohan bagaimana membangun ketahanan keluarga tersebut. Sehingga bisa menjadi contoh bagi warga lainnya.

Yones

Berita Terkait