25 Tukang Cukur Di Alun-Alun Kudus Gelar Cukur Amal Gempa Sulteng



Kudus, Beritainspiratif.com – Bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan daerah lain di Provinsi Sulawesi Tengah, telah menggugah Sedulur Barber Kudus (Sebaku). Mereka menggelar acara sosial untuk korban gempa di Sulteng melalui program “Cukur Amal” di Alun-alun Kudus, Minggu (7/10/2018) dilansir dari akun Instagram @sebaku_official.

Puluhan warga baik tua, muda, hingga anak-anak, antusias datang  ke lokasi di sudut selatan Alun-alun Kudus, bahkan mereka rela antre bergantian satu sama lain, untuk mendapatkan giliran cukur rambut.

Sekitar 25 tukang cukur siaga. Dengan alat barber yang telah disediakan, mereka pun beraksi. Dengan bayaran seikhlasnya, mereka bisa mendapatkan hasil cukur barber yang super rapi.

"Senang bisa ikut cukur amal. Kebetulan anak saya ingin cukur juga. Sekalian saja cukur di progam Cukur Amal yang diadakan Sebaku," kata Ali Bustomi, seorang warga Kudus yang mengajak anaknya cukur di lokasi.

Pengurus Sebaku, Aris Widodo, menjelaskan program Cukur Amal adalah bagian dari kegiatan sosial yang rutin mereka lakukan. Sebab, Sebaku berdiri tidak murni sekadar komunitas, tapi juga wadah menyalurkan rasa sosial.

"Kali ini, kami adakan Cukur Amal untuk korban gempa di Palu, Donggala dan daerah lain di Sulteng. Ini wujud kepedulian kami kepada sesama," kata Aris di lokasi.

Kegiatan ini dilakukan di alun-alun. Rencananya minggu depan, Sebaku akan menggelar program sosial serupa di Balai Jagong Kudus. Uang yang terkumpul akan dikirimkan ke komunitas barber tingkat pusat yang nantinya akan dikirimkan ke para korban gempa.

Saat bencana di Lombok, Sebaku juga melakukan aksi amal serupa. Termasuk saat ada bencana alam lain di negeri ini. Apa yang dilakukan Sebaku, lanjut pria yang akrab dipanggil Mas Bro, tidak melulu saat ada bencana saja. Tapi juga saat ada yang membutuhkan.   (Yanis)

Berita Terkait