Deretan Pemain Bintang Timnas yang Absen Pada Piala AFF 2018



Jakarta, Beritainspiratif.com - Timnas Indonesia menatap serius hajatan Piala AFF 2018. Skuat Garuda telah mengumumkan nama 23 pemain yang akan berlaga pada hajatan dua tahunan tersebut.

Dikutip dari laman Bolaksor, pelatih anyar Timnas Indonesia, Bima Sakti, memanggil sejumlah nama beken untuk Piala AFF 2018. Termasuk di antaranya Evan Dimas, Stefano Lilipaly, hingga Saddil Ramdani.

Para pemain yang dibawa oleh Bima Sakti merupakan gabungan komposisi pemain berpengalaman dengan muda. Pilihan itu sekaligus untuk meremajakan skuat Timnas Indonesia.

Dari deretan pemain senior, terdapat Andritany Ardhiyasa, Fachruddin, serta Riko Simanjutak. Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia turut serta, Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly.

Sementara itu, Evan Dimas, Hansamu Yama, Irfan Jaya, hingga Saddil Ramdani diharapkan mampu menjadi pemain masa depan Timnas Indonesia. Mereka memang mencurit perhatian publik Indonesia.

Pilihan Bima Sakti tersebut membuat sejumlah pemain bintang yang biasa menjadi langganan Timnas Indonesia absen dari Piala AFF 2018. Beberapa memang sudah lama tidak dipanggil ke timnas.

Padahal, beberapa di antaranya sempat menjadi andalan Timnas Indonesia pada masa lalu. Lantas, siapa saja pemain bintang yang absen pada Piala AFF 2018? Berikut ini adalah daftarnya:

Boaz Solossa

Boaz Solossa kerap disebut-sebut sebagai satu di antara talenta terbaik sepak bola Indonesia. Instingnya di depan kotak penalti lawan dapat menjadi andalan Skuat Garuda.

Sayangnya, Boaz memutuskan pensiun dari Timnas Indonesia pada 2016. Keputusan itu diambil penyerang Persipura Jayapura tersebut setelah kalah pada final Piala AFF 2016.

Boaz sendiri sepertinya memang tidak terlalu berjodoh dengan Timnas Indonesia. Sejak menjalani debut pada 2004, Boaz kerap keluar masuk timnas.

Irfan Bachdim

Nama Irfan Bachdim mencuri perhatian ketika memperkuat Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010. Saat itu, Irfan menciptakan duet mematikan di lini depan bersama Christian Gonzalez.

Sayangnya cedera engkel ketika memperkuat Bali United menghambat karier Irfan. Sepanjang 2018, suami Jennifer Bachdim itu hanya mencetak gol karena terkendala cedera.

Kondisi Irfan yang tidak sempurna membuatnya tersingkir dari Timnas Indonesia. Bima Sakti ditengarai tidak berani mengambil risiko melihat kondisi Irfan.

Ilija Spasojevic

Ketika dinaturalisasi pada 2017, Ilija Spasojevic diharapkan mampu menjadi jawaban lini depan Timnas Indonesia. Sayang, Spaso terlihat tidak cocok dengan gaya bermain Skuat Merah Putih.

Apalagi, Spaso gagal mengulangi prestasi musim lalu saat membela Bhayangkara United. Ketika itu, pemain asal Montonegro itu mencetak 13 gol dari 16 pertandingan.

Bersama Bali United, Spaso baru delapan kali membobol gawang lawan. Catatan tersebut membuatnya tersingkir dari Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018.

Egy Maulana Vikri

Dalam beberapa tahun terakhir, Egy Maulana Vikri kerap disebut-sebut sebagai talenta terbaik Indonesia. Talentanya membuat Egy direkrut klub asal Polandia, Lechia Gdansk.

Prestasi tersebut membuat nama Egy dijagokan bakal membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018. Sayangnya, Egy menderita cedera saat tampil di Piala Asia U-19 2018.

Selain itu, Piala AFF 2018 bukan termasuk dalam agenda FIFA. Hasilnya, Egy memang harus absen membela Timnas Indonesia pada ajang tersebut.

Andik Vermansyah

Sisi sayap Timnas Indonesia identik dengan nama Andik Vermansyah. Performa Andik menyisir lini pertahanan lawan sempat membuatnya diwaspadai.

Sayangnya, keputusan Andik bergabung dengan Kedah terbukti kurang jitu. Andik menjadi jarang bermain sejak memperkuat kesebelasan asal Malaysia tersebut.

Sepanjang musim 2018, Andik hanya tampil dalam enam laga dari 20 pertandingan Kedah. Dari jumlah tersebut, sang pemain hanya mencetak satu gol.    (Yones)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta