23 Ribu Sembako Siap Disalurkan Pada Warga Kota Bandung Terdampak Covid-19



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siapkan 23 ribu paket sembako di Posko Bantuan Covid-19. Bantuan tersebut diberikan kepada 22 ribu Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam kategori desil 1 (sangat miskin) dan desil 2 (miskin).

Hal ini sebagai upaya dari Pemkot Bandung untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi corona.

"Kita hari ini sudah berupaya, selain memerintahkan masyarakat untuk diam di rumah, kami bekerja sama dengan para donatur berupaya menghadirkan untuk membantu masyarakat,"ucap Walikota Bandung, Oded M Danial di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Senin (30/3/2020).

Paket sembako tersebut di siapkan oleh Pemkot Bandung untuk mencukupi kebutuhan selama 14 hari ke depan. Namun, kata Oded, Pemerintah akan terus berupaya menyiapkan bantuan hingga tiga bulan kedepan.

"Bahan-bahan sembako ini khusus untuk masyarakat yang miskin dan yang terdampak wabah virus corona. Agar mereka bisa diam di rumah, dan mudah-mudahan ini bisa membantu mereka agar dapur nya tetap ngebul,"jelasnya.

Menurutnya, paket sembako yang dikumpulkan di Posko Bantuan Peduli Covid-19 Kota Bandung, rencananya akan disalurkan melalui Kecamatan. Kemudian setiap kecamatan akan memberikan secara door to door ke setiap rumah warga yang membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono menjelaskan, di Kota Bandung terdata sekitar 133 KK warga miskin yang terdiri dari desil 1, desil 2, desil 3 (rentan miskin) dan desil 4 (hampir miskin). Di saat mendesak ini, pihaknya mendahulukan dari kalangan desil 1 dan 2 yang jumlahnya terdata sekitar 80.000 KK.

"Dari 80.000 KK tersebut, sekitar 61.000 KK sudah terakomodir mendapatkan beragam program bantuan dari pemerintah pusat. Sehingga, Pemkot Bandung harus memprioritaskan yang belum memperoleh bantuan. Setelah proses verifikasi dan validasi, jumlahnya mencapai sekitar 22.000 KK," terangnya.

(Mugni)

Berita Terkait