Sungai Cinambo di Keruk, Jalur Soekarno-Hatta Diprediksi Tak Lagi Banjir

Bandung, Beritainspiratif.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Arif Prasetya S memimpin langsung proses pengerukan sungai Cinambo Lama di wilayah Gedebage Kota Bandung pada Rabu (17/10/2018). Hal tersebut dilakukan sebagai tindakan preventif terjadinya banjir menjelang musim hujan.

Arif menjelaskan, penyebab utama terjadinya banjir di wilayah Gedebage, khusunya sekitar Jalan Soekarno РHatta dan GBLA disebabkan adanya pendangkalan sungai juga adanya aliran air dari kabupaten.

“Gedebage itu cekungan, air datang juga dari kabupaten, kalau dangkal ya otomatis banjir, makanya kita keruk,” ungkapnya kepada Beritainspiratif.com.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, pengerukan ini dilakukan juga di 9 titik lainya dan dilaksanakan rutin setiap enam bulan sekali. Pihaknya juga mengakui harus ada pelebaran sungai meski terkendala beberapa hal. “Untuk pelebaran nggak mudah ya, karena di pinggir-pinggir sungai ini kan banyak pabrik,” jelasnya.

Meski begitu dengan melakukan pengerukan sepanjang dua ratus meter dengan lebar sungai enam meter, Arif optimis di musim hujan nanti jalur Soekarno – Hatta wilayah Gedebage tidak terjadi banjir.

“Ini panjangnya yang dikeruk 200 meter, lebarnya enam meter, kita butuh waktu empat sampa lima hari, saya optimis setelah ini selesai tidak akan meluap baik ke sisi sebelah jalan Soekrano – hatta atau ke sisi yang lainya,” kata Arif.

Pantauan di lokasi, pengerukan dilakukan dengan mengerahkan satu unit alat berat dan sekitar lima truk pengangkut serta sejumlah petugas. (Tito).

Bagikan: