200 Pedagang Pasar Leuwipanjang Bakal di Rapid Test Besok



Bandung, Beritainspiratif.com - Terkait adanya empat pedagang positif Covid-19 di 3 Pasar Kota Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal lakukan rapid tes kepada 200 pedagang di Pasar Leuwipanjang. Hal itu dilakukan sebagai upaya tracing dari pedagang yang terpapar Covid-19.

"Di Pasar Leuwipanjang besok ada 200 pedagang yang akan di rapid test. Hari ini telah kita yakinkan dan sudah berkoordinasi dengan DKK Puskesmas dan Camat setempat serta dirut PD Pasar. Saya sarankan kepada semua pedagang pasar untuk hadir," ujar Ketua Harian Penanganan Penyebaran Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Rabu (10/6/2020).

Menurutnya, dalam pelaksanaanya, Ema menjelaskan akan ada 8 petugas, dimana satu petugas menangani kurang lebih 25 orang. Selain itu, Ia juga mengimbau kepada pengunjung pasar di dua lokasi yaitu Pasar Leuwipanjang dan Pasar Sadang serang untuk melakukan isolasi mandiri.

"Atau juga melakukan pengecekan ke Puskesmas dimana yang bersangkutan tinggal," jelasnya.

Ema menegaskan, tidak ada biaya tes bagi warga yang merupakan hasil tracing dari pasar yang ditemukan pasien positif.

"Asalkan dia mengaku bahwa telah mengunjungi pasar," katanya.

Sementara untuk penutupan Pasar, 2 lokasi telah ditutup yaitu Pasar Sadang Serang dan Pasar Leuwipanjang. Untuk Pasar Haur Pancuh karena merupakan pusat tempat berjualannya para PKL, ia mengaku agak sulit jika harus dilakukan penutupan.

"Tapi saya sedang mendorong Camat dan Satpol PP untuk melakukan pendekatan dan mereka pun harus sadar. Karena kalau sudah seperti ini jangan terpapar dan memaparkan, maka diharapkan disiplin terhadap aturan,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait