20 Persen Startup Binaan SBM ITB Dapat Pendanaan dari Investor



Bandung,Beritainspiratif.com - Sebanyak 20 persen startup yang telah mengikuti pelatihan di inkubator bisnis Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), berhasil mendapat pendanaan dari investor.

Pendanaan yang diterima para pelaku usaha rintisan tersebut, bervariasi mulai dari Rp30 juta sampai Rp2 miliar.

"Besarnya pendanaan yang diterima pelaku usaha bervariasi, tergantung bagaimana investor menilai peluang usaha startup tersebut," kata Direktur Inkubator Bisnis Thegreaterhub Dr.Dina Dellyana, di kampus SBM ITB jalan Ganesha kota Bandung, Kamis (19/9/2019).

Baca Juga:50-startup-presentasikan-bisnis-di-hadapan-32-venture-capital-dalam-dan-luar-negeri

Dina menjelaskan, inkubator bisnis diluncurkan untuk mengembangkan enterpreneur para pelaku startup.

Sejak diluncurkan tahun 2016 jumlah pelaku startup yang mendapatkan pelatihan di inkubator bisnis SBM ITB mengalami peningkatan.

Pada tahun 2017 jumlah peserta pelatihan sebanyak 24 pelaku usaha, meningkat di tahun 2018 menjadi 48 orang dan tahun ini diikuti oleh 70 orang.

"Setelah diinkubasi, 25 persen startup bisa menambah lapangan pekerjaan. Ini berarti dari sisi bisnisnya bertumbuh, sehingga mampu menambah karyawan. Kami akan terus mendampingi, agar usaha mereka terus berkembang," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya SBM-ITB, Dr Aurik Gustomo menambahkan, sudah ada pelaku startup binaan yang berhasil mengembangkan usahanya dengan omzet hampir menjadi unicorn.

"Ada startup binaan angkatan pertama SBM-ITB yang omzetnya menuju atau mengarah ke unicorn. Namanya Amartha, bergerak dibidang fintech," katanya. (Ida)

Berita Terkait