20 Besar Peringkat PTN di Indonesia Versi 4ICU Tahun 2019



Jakarta, Beritainspiratif.com – Aspek penilaian dari tiap lembaga pemeringkatan memang berbeda-beda, sehingga hasil dan peringkat universitas pun menjadi berbeda. Lembaga pemeringkatan 4 International Colleges and Universities (4ICU) merilis daftar peringkat universitas negeri di Indonesia. Dikutip dari situs 4icu.org/id, Berikut peringkat 20 besar Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia :

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Universitas Diponegoro
  6. Universitas Sebelas Maret
  7. Institut Pertanian Bogor
  8. Universitas Airlangga
  9. Universitas Lampung
  10. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  11. Universitas Pendidikan Indonesia
  12. Institut Teknologi Bandung
  13. Universitas Telkom
  14. Universitas Negeri Malang
  15. Universitas Hasanuddin
  16. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  17. Universitas Sumatera Utara
  18. Universitas Padjadjaran
  19. Universitas Pasundan
  20. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Lebih lanjut dijelaskan bahwa metode pemeringkatan yang digunakan oleh 4ICU dijelaskan pada gambar ini meliputi aspek penilaian dan metode yang digunakan, seperti yang dilansir dari kompas.com.

Pertama, perguruan tinggi ‘telah terakreditasi nasional’ atau daerah setempat. Di Indonesia sendiri ada BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yang merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Kriteria utama perguruan tinggi. Ada tiga kriteria utama sebuah perguruan tinggi (PT) dapat diikutsertakan dalam penilain 4ICU.

15 Besar PTN versi 4ICU (Sumber: tiktogram.com)

Kedua, perguruan tinggi menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (Sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik itu tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3).

Sedangkan Lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan sebagainya tidak diikutsertakan dalam penilaian 4ICU.

Ketiga, perguruan tinggi dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau yang lebih dikenal sebagai sistem tradisional dengan format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswa. Maksudnya, proses pembelajaran dilakukan secara offline dengan fasilitas-fasilitas gedung sebagai sarana pertemuannya.

Proses pemeringkatan

Pemeringkatan dilakukan menggunakan uniRank University Ranking yang sudah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Ranking and Excellence. Sistem algoritma yang digunakan berdasarkan pada 5 website netral dan independen yang diekstraksi, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow.

Metode pemeringkatan perguruan tinggi dari 4ICU (Sumber: kompas.com)

Data yang diambil untuk melakukan pemeringkatan diambil dari pekan yang sama untuk meminimalisasi fluktuasi yang ada dan memaksimalkan pembandingan. Selanjutnya, akan dilakukan penyaringan sebelum masuk proses komputasi untuk mendeteksi adanya outlier dalam data mentah.

Jika perguruan tinggi mengadopsi subdomain sebagai halaman muka website resminya, akan dilakukan investigasi dan tinjauan lebih lanjut terhadap Alexa Global Rank dan SimilarWeb Global Rank.

Setelah outlier terdeteksi dan data subdomain sudah ditinjau dan disesuaikan, maka data matriks web dinormalisasi menjadi skala 0-100 dengan mempertimbangkan sifat logaritma yang digunakan oleh beberapa website penilai yang digunakan. Kemudian, nila-nilai yang muncul dalam skala tersebut dikumpulkan berdasarkan algoritma rata-rata yang menghasilkan skor akhir dan peringkat website sebuah perguruan tinggi.

Secara sederhana, dapat dikatakan penilaian yang dilakukan oleh 4ICU menjadikan website universitas atau institut sebagai bahan penilaian.

4ICU juga merilis berbagai pemeringkatan lain berdasarkan kategori yang berbeda-beda. Contohnya, universitas negeri dan swasta terbaik, universitas terbaik di media sosial Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. (Yanis)

Sumber :
ruangguru.com

Berita Terkait