2 Srikandi di Kabinet Jokowi – JK Bersahabat Sejak SMA Raih MURI

Jakarta, Beritainspiratif.com – Persahabatan Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi dan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati (SMI), pada tahun ini menginjak usia ke-40 tahun. Persahabatan kedua menteri perempuan di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla sudah berlangsung sejak SMA.

“Tahun ini kita merayakan 40 tahun pertemanan. Jadi saya sudah berteman dari tahun 1979 sama Ani (SMI),” ujar Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

Retno menceritakan, keduanya bersahabat sejak tahun 1979 di mana Retno dan Ani (panggilan akrab Sri Mulyani), sama-sama menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah.

Selepas lulus dari SMA, keduanya menempuh pendidikan di universitas yang berbeda, Retno memilih UGM sementara Ani masuk ke Universitas Indonesia (UI). Retno fokus dibidang diplomasi sebagai duta besar, sedangkan Ani mendalami di bidang ekonomi. Lalu Retno dan Ani dipertemukan kembali dalam kabinet kerja Jokowi dan JK periode 2014-2019.

“Kita pisah saya masuk ke UGM dan Ani (SMI) ke UI, menjalankan profesi masing-masing bu Ani di track ekonominya, saya di track diplomasi. Suatu waktu bertemu di Den Haag. Jadi kita ketemu ngobrol, nanti pisah lagi,” kenang Retno.

Retno mengatakan, penghargaan MURI yang diraih atas uniknya persahabatan keduanya didapatkan pada 2 tahun lalu.

“Sekarang dipertemukan dalam satu tim (kabinet kerja). Dan kita lucu nih, dapat Muri penghargaan dua tahun yang lalu, sebagai teman SMA, satu angkatan, satu SMA, dua-duanya perempuan duduk dalam satu kabinet yang sama, dapat MURI diundang Jaya Suprana,” ujar Retno

Retno mengaku, meski berteman sejak lama, keduanya jarang menghabiskan waktu bersama saat senggang.
Keduanya sering bertemu dalam kegiatan-kegiatan resmi kenegaraan.

Dua srikandi di kabinet kerja Jokowi-JK itu juga tergabung dalam band bernama Elek Yo Band, bersama menteri PUPR maupun menteri Ketenagakerjaan.

“Elek yo ben, itu ketemunya. Enggak punya waktu hang out bareng Bu Ani. Kita pernah dikumpulkan di Bogor sama keluarga, keluarga ngobrol kebetulan anak kenal saling kenal karena kerjaan juga,” pungkasnya. (Yanis)

Bagikan: