2 Mantan Dirut Bank Mandiri Dilantik Jadi Wakil Menteri BUMN



Jakarta, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo melantik 12 wakil menteri pada Kabinet Indonesia Maju ke Istana Jakarta, Jum’at siang (25/10/2019).

Dari 12 calon wakil menteri yang dilantik tersebut, terdapat 2 Wakil Menteri BUMN yang semula merupakan Mantan Dirut Bank Mandiri, yakni:

1.Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini merupakan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Ia diangkat menjadi direktur utama Bank Mandiri pada 2016 silam.

Kartika bergabung dengan Bank Mandiri pada tahun 2003 silam, menjabat sebagai Departement Head Strategys & Fianncial Analysis di Strategy and Performance Group dan kemudian diangkat menjadi Head di divisi yang sama.

Pada 2008, Kartika menjadi managing director Mandiri Sekuritas.

Kartika sempat meninggalkan Mandiri ketika ditunjuk sebagai CEO Indonesia Infrastructure Finance (IIF) dan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Pada 2015, Kartika bergabung kembali ke Bank Mandiri sebagai chief finance officer (CFO) yang dilanjutkan dengan pengangkatan sebagai direktur utama.

2.Budi Gunadi Sadikin. Saat ini ia menjabat sebagai Direktur Utama MINE ID, yang merupakan perusahaan holding pertambangan BUMN. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Utama Bank Mandiri periode 2013 hingga 2016).

Setelah dari Bank Mandiri ia menjabat sebagai Staff Khusus Menteri BUMN ( 2016-2017).

Budi Bergabung dengan Bank Mandiri sebagai Direktur of Micro and Retail Banking. Ia menduduki jabatan ini selama 7 tahun kemudian menjadi direktur utama selama tiga tahun.

"Saya dengan Pak Tiko (panggilan Kartika) diminta Pak Presiden untuk membantu Pak Erick," ujar Budi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Presiden Jokowi pada perkenalan di teras Istana Jakarta, Jum’at, (25/10/2019) menjelang pelantikan berpesan.

“Diharapkan ada lompatan besar dalam evaluasi asset yang ada, dan mencari partner yang baik sehingga BUMN menjadi perusahaan BUMN yang baik di dunia global” ucap Jokowi. (Yanis)

Berita Terkait